Sleman

RSU Sakina Idaman dan PMI Sleman Bantu Tekan Kanker Serviks

Pemeriksaan yang dilakukan secara gratis ini juga untuk memudahkan ibu-ibu dan keluar pendonor darah dalam pemeriksaan IVA.

RSU Sakina Idaman dan PMI Sleman Bantu Tekan Kanker Serviks
net
kanker serviks 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - RSU Sakina Idaman Sleman bekerjasama dengan PMI Sleman  menyelenggarakan pemeriksaan IVA di Markas PMI Sleman, Kamis (3/10/2019).

Kegiatan ini untuk memperingati hari ulang tahun RSU Sakina Idaman ke 25 juga dalam rangka HUT PMI ke 74.

Pemeriksaan yang dilakukan secara gratis ini juga untuk memudahkan ibu-ibu dan keluar pendonor darah dalam pemeriksaan IVA.

Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) adalah pemeriksaan untuk deteksi dini kanker leher rahim atau serviks. Kegiatan kali ini diikuti lebih dari 50 wanita di Sleman.

Skrining Kanker Serviks, Dinkes Kota Yogya Dorong Wanita Usia Subur Lakukan IVA di Puskesmas

Direktur RSU Sakina Idaman, Muhammad Artha  berharap melalui pemeriksaan rutin ini, kasus-kasus kanker serviks  bisa semakin ditekan dan membantu masyarakat meningkatkan kualitas hidup dan derajat kesehatannya.

Disebutnya kanker serviks saat ini masih menjadi pembunuh nomor 1 di Indonesia dengan angka mencapai 15.000 kasus pertahun.

Dari jumlah tersebut, 8.000 diantaranya berujung pada kematian.

“Karena itu, sangat penting agar kaum wanita secara rutin memeriksakan diri. Salah satunya dengan periksa IVA ini. Supaya kalau ada indikasi munculnya kanker serviks, bisa segera dilakukan langkah penanganan lebih lanjut demi kesembuhan penderitanya,” paparnya.

Adapun kerjasama dengan PMI kali ini merupakan langkah awal dari kegiatan serupa, yang nantinya akan digelar meluas di wilayah Sleman.

Pihak RSU Sakina Idaman, sudah memastikan akan menggelarnya di 17 kecamatan di Sleman.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved