Mengintip Keindahan Pantai Parangtritis dari Peninggalan Perang Gua Jepang Nomor 10

Sejarah Indonesia memang tak luput dari Jepang. Setelah dijajah Belanda, Jepang pun berupaya menduduki Indonesia dengan jargonnya sebagai saudara tua.

Mengintip Keindahan Pantai Parangtritis dari Peninggalan Perang Gua Jepang Nomor 10
travel.kompas.com
Gua Jepang, Destinasi Wisata yang Jadi Saksi Perang 

TRIBUNJOGJA.COM - Sejarah Indonesia memang tak luput dari Jepang. Setelah dijajah Belanda, Jepang pun berupaya menduduki Indonesia dengan jargonnya sebagai saudara tua.

Keadaan itu membuat Indonesia banyak memiliki tempat bersejarah peninggalan Jepang.

Salah satunya adalah Gua Jepang yang terletak di daerah Parangtritis. Hingga kini, masih ada belasan gua yang berdiri kokoh, menjadi saksi bisu sejarah penjajahan Jepang di Yogyakarta.

Gua Jepang Sleman
Gua Jepang Sleman (travel.kompas.com)

Meski sempat dijadikan tempat mengintai, gua-gua itu kini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi pelancong. Seluruh gua di kompleks ini memiliki dinding abu-abu yang muram, ditambah suasana yang lembab dan remang-remang membangkitkan kenangan dan atmosfir di waktu perang. 

Batu Bata Super Jumbo Ditemukan di Kulon Progo, Diduga Reruntuhan Candi Kuno

Namun, suasana ini bisa kita gunakan sebagai latar pemotretan yang keren, baik untuk fotografi model, landscape atau prewedding.

Anda suka bergaya bak tentara? Tempat ini bisa menjadi lokasi yang cocok untuk merekayasa suasana perang dalam foto yang kita ambil.

Tempat Wisata Alternatif yang Lokasinya Dekat dengan Pantai Parangtritis

Selain menikmati suasana bungker, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang menawan.

Gua di sini diberi nomor, mulai dari nomor 1-18. Di gua nomor 10, Anda bisa melihat keindahan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Kenali Karakter Pantai Parangtritis yang Indah Namun juga Berbahaya

Dari sini, Anda mengintip kawasan pesisir pantai yang memanjang ke barat, beserta gulungan-gulungan ombak besar yang terus menghantam daratan berpasir. Di belakangnya, Anda juga bisa melihat hamparan sawah berbagai warna diantara kawasan pemukiman. 

Gua Jepang, Destinasi Wisata yang Jadi Saksi Perang
Gua Jepang, Destinasi Wisata yang Jadi Saksi Perang (travel.kompas.com)

Suasana yang cukup lembab itu berubah menjadi semakin segar setelah Anda keluar dari gua dan merasakan angin laut bertiup sepoi-sepoi. Puas mengambil foto? Anda bisa kembali mengeksplor belasan gua lain sembari melihat pemandangan yang indah.

Kisah Misteri Gedung Bekas Pengadilan Negeri Belanda di Indramayu yang Terkenal Angker

Secara administratif, Goa Jepang Parangtritis terletak pada Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Untuk mencapai goa ini, wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 30 kilometer atau perjalan selama 50 menit dari pusat Kota Jogja.

Gua Jepang, Destinasi Wisata yang Jadi Saksi Perang
Gua Jepang, Destinasi Wisata yang Jadi Saksi Perang (travel.kompas.com)

Anda memang perlu tenaga ekstra untuk mencapai lokasi gua ini. Jalannya terjal dan berkelok. Maka, Anda perlu membawa kendaraan pribadi jika ingin mencapai sini.

Hal ini memang beralasan karena sulitnya transportasi menuju kesana. Perlu berhati-hati karena jalannya hanya bisa dilalui satu mobil saja. Ditambah, kondisi jalan berkelok menanjak dan tikungan curam.

Ingin mengunjungi Gua Jepang? Tentu Anda tak perlu merogoh kocek mahal, mengingat di gua ini tidak dipungut biaya untuk masuk.

( Tribunjogja.com | Bunga Kartikasari )

Penulis: Bunga Kartikasari
Editor: mon
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved