20 Dosen Peternakan UGM Raih Sertifikasi ASEAN Engineering

Mereka yang mendapat sertifikasi ini terdaftar sebagai insinyur internasional di tingkat ASEAN dan Asia Pasifik.

20 Dosen Peternakan UGM Raih Sertifikasi ASEAN Engineering
Dok.Istimewa
Sebanyak 20 orang dosen dari Fakultas Peternakan UGM menerima sertifikasi ASEAN Engineer dari ASEAN Federation of Engineering Organization (AFEO). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebanyak 20 dosen dari Fakultas Peternakan UGM menerima sertifikasi ASEAN Engineer dari ASEAN Federation of Engineering Organization (AFEO).

Dengan demikian, mereka yang mendapat sertifikasi ini terdaftar sebagai insinyur internasional di tingkat ASEAN dan Asia Pasifik.

Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof Dr Ali Agus, mengatakan dirinya bersama rekan dosen lainnya yang masuk dalam daftar ASEAN Engineering sudah teregistrasi di AFEO, dimana jumlah anggotanya mencapai 10 ribu orang.

Dengan diraihnya sertifikasi internasional tersebut, ia berharap pihaknya bisa berkontribusi dalam meningkatkan kualitas SDM di Indonesia, serta berpeluang meningkatkan mobilitas mereka di kawasan negara-negara Asia Tenggara.

“Semoga bisa berkontribusi untuk negara melalui SDM keinsinyuran ini,” ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Kamis (3/10/2019).

Ia menambahkan, sebanyak 20 dosen Fakultas Peternakan UGM yang mendapat sertifikasi insinyur ini merupakan gelar insinyur di bidang teknik peternakan atau animal engineering.

Hingga saat ini, badan kejuruan teknik peternakan di bawah naungan Persatuan Insinyur Indonesia sedang dirancang keberlanjutan penerima sertifikat profesi ini untuk meningkatkan kompetensinya.

“Kita harapkan kualifikasi SDM semakin meningkat melalui standar kompetensi yang akan segera disusun,” katanya.

Seperti diketahui Sertifikasi International ASEAN Engineering diberikan untuk membangun dan mengembangkan standar baseline ASEAN untuk profesi teknik dengan tujuan untuk memfasilitasi mobilitas para insinyur di negara-negara ASEAN.

Selain Ali Agus, beberapa dosen yang mendapat sertifikasi insinyur tingkat ASEAN ini adalah Prof Zaenal Bachruddin, M.Sc., Ph.D., Ir. Nanung Danar Dono, S.Pt., M.P., Ph.D., Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo, dan Ir. Panjono, S.Pt., M.P., Ph.D., IPM. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved