Kota Magelang

Wali Kota Magelang Minta Warganya Tak BAB Sembarangan

Menurutnya masyarakat perlu disadarkan dan dibiasakan untuk tidak BAB sembarangan agar lingkungan lebih bersih dan sehat.

Wali Kota Magelang Minta Warganya Tak BAB Sembarangan
istimewa
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito meminta warganya untuk tidak buang air besar (BAB) sembarangan. Permintaan itu disampaikan Sigit saat membuka upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2019, di lapangan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Magelang, Kelurahan Jurangombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Rabu (2/10/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito meminta warganya untuk tidak buang air besar (BAB) sembarangan.

Menurutnya masyarakat perlu disadarkan dan dibiasakan untuk tidak BAB sembarangan agar lingkungan lebih bersih dan sehat.

Permintaan itu disampaikan Sigit saat membuka upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2019, di lapangan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Magelang, Kelurahan Jurangombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan,  Rabu (2/10/2019).

Sigit mengatakan masyarakat perlu diedukasi bahaya BAB sembarangan, seperti di sungai atau lahan dekat pemukiman.

Saat ini, lanjutnya, Indonesia menempati urutan ketiga Negara yang masyarakatnya masih BAB sembarangan, oleh sebab itu dia berpesan agar masyarakat Kota Magelang mulai meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Sisa 32 Hektar, Kawasan Kumuh di Kota Magelang Terus Ditekan

“Indonesia menempati urutan 3 negara yang masyarakatnya masih mempunyai kebiasaan buruk BAB sembarangan. Masih banyak warga  yang BAB di sungai, saya minta masyarakat Kota Magelang tidak melakukan hal itu, biasakan pola hidup hidup bersih dan sehat,” katanya.

Dia menjelaskan Pemerintah Kota Magelang terus berupaya mengingatkan dan menyadarkan masyarakat agar meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Upaya yang dilakukan salah satunya yakni sosialisasi dan edukasi sampai ke tingkat RT.

“Tentu saja kami selalu mengupayakan lewat berbagai program, pokoknya semua harus bersih dan rapi. butuh partisipasi dan dukungan masyarakat agar pola hidup bersih dan sehat bisa terwujud,” lanjutnya.

Sementara itu, Perwira Seksi Teritorial Kodim 0705/Magelang, Letnan Satu Kav Sriyanto saat membacakan laporan rencana mengatakan, kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2019 yang berlokasi di RT 4 RW 9, Kelurahan Jurangombo Selatan ini dilaksanakan mulai 2-31 Oktober 2019 dengan membangun sejulah talud mengaman makam.

Wakil Wali Kota Magelang: Sistem Sanitasi Dibangun dengan Baik

“Ada tiga talud yang akan dibangun, yang pertana dengan panjang 18 M, Tinggi 2,6 M,lebar bawah 0,6 M dan lebar atas 0,03 M, yang kedua panjang 37 M, Tinggi 2,6 M, lebar bawah 0,6 dan lebar atas 0,03 M dan yang ketiga  talud dengan panjang 35 M, Tinggi 2,6 M,lebar bawah 0,6 M dan lebar atas 0,03 M,” kata Letnan Satu Kav Sriyanto.

Hadir dalam acara tersebut Dandin 0705/Magelang, sejumlah anggota Forum Pimpinan Daerah ( Forpimda) kota Magelang, dan para Kepala  Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan lurah se-Kota Magelang.(TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved