Kapan Datangnya Musim Hujan di Wilayah Pulau Jawa? Ini Penjelasan BMKG

Kapan datangnya musim hujan menjadi pertanyaan banyak masyarakat Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

Kapan Datangnya Musim Hujan di Wilayah Pulau Jawa? Ini Penjelasan BMKG
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, Sigit Hadi Prakosa, saat menunjukkan citra radar prakiraan musim hujan yang terjadi di DIY kepada media di kantornya, Rabu (21/8/2019) 

Kapan Datangnya Musim Hujan di Wilayah Pulau Jawa? Ini Penjelasan BMKG

TRIBUNJOGJA.COM - Kapan datangnya musim hujan menjadi pertanyaan banyak masyarakat Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

Namun Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo menyampaikan belum ada tanda-tanda wilayah pulau Jawa memasuki musim hujan.

"Kalau melihat perkembangan saat ini, belum banyak tanda-tanda masuk musim hujan. Kalaupun terjadi potensi hujan masih bersifat lokal dan pada periode yang pendek," kata Mulyono kepada Kompas.com, Rabu (2/10/2019).

Mulyono memberikan informasi mengenai prediksi awal musim hujan di daerah-daerah di Pulau Jawa.

Berikut Kompas.com rangkum prediksi BMKG tentang awal musim hujan di pulau Jawa tersebut berdasarkan dasarian atau per 10 hari sepanjang Oktober 2019.

Oktober Dasarian I (10 hari pertama)

Wilayah yang diprediksikan oleh BMKG memasuki awal musim hujan yaitu: Lebak bagian selatan, Purbalingga bagian barat laut, dan Banyumas bagian utara.

Oktober Dasarian II (10 hari kedua) Wilayah yang diprediksikan oleh BMKG memasuki awal musim hujan pada 10 hari pertengahan bulan Oktober 2019 ini yaitu sebagai berikut: Malang bagian tenggara; Lumajang bagian utara; Lebak bagian tengah; Brebes bagian selatan dan tenggara; Banyumas bagian tengah dan selatan; Tegal bagian selatan.

Purbalingga bagian barat, utara, timur, selatan; Pemalang bagian barat daya dan tenggara; Pekalongan bagian selatan; Temanggung bagian barat.

Wonosobo bagian utara dan timur; juga Banjarnegara bagian barat laut, barat daya, timur laut.

Halaman
12
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved