Sukses di Pemilu 2019, KPU DIY Sabet Lima Penghargaan

KPU DIY menyabet sederet penghargaan dalam acara konsolidasi nasional KPU yang digelar di Jakarta

Sukses di Pemilu 2019, KPU DIY Sabet Lima Penghargaan
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Jajaran Komisioner KPU DIY memamerkan sejumlah prestasinya yang diapresiasi oleh KPU RI dalam pelaksanaan Pemilu 2019 lalu, Selasa (1/10/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY menyabet sederet penghargaan dalam acara konsolidasi nasional KPU yang diselenggarakan di Jakarta pada 23 September 2019 lalu.

Tak tanggung-tanggung, lima penghargaan digondol oleh KPU DIY. Diantaranya yakni Juara 1 Tingkat Nasional untuk kategori Penyelenggara Pemilu Berintegritas, Juara 1 Tingkat Nasional untuk kategori Inovasi dan Kreativitas dalam Penyelenggaraan Pemilu 2019, Juara 1 Tingkat Nasional untuk Kategori Transparansi Informasi Pemilu 2019, Juara 1 Tingkat Nasional untuk Kategori Pemilu Akses dalam Penylenggraan Pemilu 2019 dan menyabet Juara 2 Tingkat Nasional untuk kategori Iklan Layanan Masyarakat dalam Pemilu 2019.

Prestasi ini, kata Hamdan Kurniawan selaku Ketua KPU DIY, menjadi sebuah ganjaran dari usaha dan kerja keras jajaranya yang didukung oleh instansi-instansi lainnya.

"Tentu ini menjadi semangat bagi kami untuk terus menyelenggarakan pemilu yang berintegritas dan demokratis di Indonesia khususnya di DIY," katanya saat temu media di kantornya, Selasa (1/10/2019).

Selain itu, lanjut Hamdan, kesuksesan penyelenggaraan pemilu 2019 di DIY setidaknya bisa dilihat dari beberapa indikator utama seperti, tingkat partisipasi masyarakat DIY yang datang ke TPS pada tanggal 17 April 2019 lalu.

Angka partisipasinya mencapai 88 persen.

Angka ini, terang Hamdan, meningkat dari pemilu-pemilu sebelumnya yang hanya di angka 72,94 persen pada pemilu 2009 dan 80,2 persen pada pemilu 2014.

"Peningkatan ini juga melampaui target KPU DIY yang mematok di angka 82 persen dan melampaui target nasional yang dipatok di angka angka 77,5 persen," tandasnya.

Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 ini, dijelaskan Hamdan, juga tidak bisa dilepaskan dari peran dan kontribusi masyarakat DIY yang sedari awal sudah menunjukkan antusiasmenya terhadap pelaksaan pemilu 2019.

"Menjelang dan selama tahapan pemilu berlangsung, tidak sedikit aktivitas-aktivitas dan kegiatan yang diinisiasi masyarakat DI Yogyakarta yang menunjukkan dukungannya terhadap kesuksesan pemilu 2019," bebernya.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved