Sleman

Satpol PP Sleman Bongkar Reklame Tak Berizin

Pembongkaran dilakukan terhadap papan reklame di simpang empat UGM Jalan Kaliurang yang berukuran 6 x 12 meter dengan tinggi kurang lebih 10 meter.

Satpol PP Sleman Bongkar Reklame Tak Berizin
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM - Satuan Polisi Pamong Praja  (Satpol PP) Sleman melakukan pembongkaran terhadap papan reklame yang tidak berijin dan melanggar Perda Kabupaten Sleman Nomor 5 Tahun 2011 tentang Bangunan Gedung.

Pembongkaran dilakukan terhadap papan reklame di simpang empat UGM Jalan Kaliurang yang berukuran 6 x 12 meter dengan tinggi kurang lebih 10 meter.

Kasat PolPP Kabupaten Sleman,  Hery Sutopo, mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut serta mewujudkan 3T Tertib perizinan, Tertib perpajakan dan Tertib sosial.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

Di samping itu, Pemkab Sleman juga berupaya mengedepankan langkah-langkah persuasif dan argumentatif yang sifatnya nonyustisia dengan berbagai langkah prosedural yang  bersifat administratif atau pembinaan.

"Namun untuk menciptakan kepastian hukum, keadilan untuk semua serta asas kemanfaatan, maka upaya terakhir yang ditempuh adalah proses yustisia, yang pada hakikatnya juga merupakan sebuah edukasi," ujarnya, Selasa (1/10/2019).

Sementara itu, Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Satpol PP, Dedi Widianto mengatakan, setelah melalui langkah-langkah persuasif, pihaknya akan bertindak lebih tegas lagi untuk mewujudkan tertib penyelenggaraan reklame.

Satpol PP Sleman menerapkan dual sanction system, yakni terhadap mereka  yang tidak tertib perizinan dalam penyelenggaraan reklame akan ditindak secara administratif maupun secara  pidana.

"Jadi selain kena pidana denda atau kurungan, konstruksinya akan kami bongkar. Ini diberlakukan pula terhadap mereka yang melanggar ketentuan penyelenggaraan reklame non-konstruksi. Kalau tidak berizin, akan kami tindak secara pidana sesuai ketentuan yang berlaku," tegasnya.

DPMPT Catat 44 Reklame Masih Berlaku Izin Penyelenggaraan

Seperti penindakan belum lama ini, telah digelar Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) terhadap pemilik bangunan reklame berkonstruksi yang berlokasi di Jalan Kaliurang Km 4,5.

Pemilik bangunan reklame ini didakwa telah melanggar Perda Kabupaten Sleman Nomor 5 Tahun 2011 tentang Bangunan Gedung.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved