Kaum Muda dan Generasi Milenial Didorong untuk Peduli pada Isu Politik

Banyak orang berpandangan bahwa generasi ini punya kepribadian yang bebas dan kerap hanya memikirkan persoalan diri sendiri

Kaum Muda dan Generasi Milenial Didorong untuk Peduli pada Isu Politik
Dok.Istimewa
Suasana gelar wicara dan lokakarya kepemimpinan milenial yang digelar oleh Gerakan milenial (Gema) Golkar pada Senin (30/9/2019) kemarin di The Laxston Hotel Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Generasi milenial kerap diasosiasikan sebagai kaum yang apolitis dan anti sosial.

Banyak orang berpandangan bahwa generasi ini punya kepribadian yang bebas dan kerap hanya memikirkan persoalan diri sendiri.

Namun belakangan, stigma tersebut seolah runtuh dengan maraknya gelombang demonstrasi yang digerakkan oleh kaum muda.

Konklusi itu mengemuka dalam gelar wicara dan lokakarya kepemimpinan milenial yang digelar oleh Gerakan milenial (Gema) Golkar pada Senin (30/9/2019) kemarin di The Laxston Hotel Yogyakarta.

Hadir pada kesempatan itu, politisi muda sekaligus Ketua Gema Golkar, Dico M Ganinduto serta Pengajar Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM, Abdul Gaffar Karim serta puluhan peserta muda dan mahasiswa.

Gaffar menerangkan, dirinya sempat berpikir bahwa beberapa tahun ke depan Indonesia bakal kembali ke bentuk otoritarianisme akibat prasangka yang salah kepada kaum muda.

Namun persepsi itu akhirnya pudar seiring gelombang demonstrasi yang berkepanjangan dan menunjukkan kepedulian milenial terhadap isu-isu yang membuat resah masyarakat.

"Jadi poin saya adalah meskipun ada banyak halangan, namun generasi milenial tetap menemukan cara baru untuk menunjukkan eksistensi dirinya sebagai gerakan yang solid," kata Gaffar.

Ditambahkannya, cara generasi muda saat ini dalam membangun gerakan sosial juga tidak bisa di samakan dengan pendahulunya.

Mereka lebih banyak melakukan konsolidasi gerakan pada platform sosial media.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved