Kota Magelang

Disperpa Kota Magelang Berikan Vaksinasi Rabies Gratis

Peringatan Hari Rabies Sedunia yang diperingati Pemkot Magelang pun bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mencegah dan pengendalian

Disperpa Kota Magelang Berikan Vaksinasi Rabies Gratis
ist
Disperpa Kota Magelang Berikan Vaksinasi Rabies Gratis 

Disperpa Kota Magelang Berikan Vaksinasi Rabies Gratis

TRIBUNJOGJA.COM - Ratusan warga berbondong-bondong mendekati stand UPT Klinik Hewan dan Laboratorium Kesehatan Hewan (Lab Keswan) di sela acara car free day (CFD) Lapangan Rindam IV/Diponegoro, Magelang Tengah, Minggu (29/9/2019) lalu.

Mereka rela mengantre membawa hewan piaraan untuk mendapatkan vaksinasi rabies gratis yang digelar UPT Klinik Hewan, Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, bersamaan dengan momen World Rabies Day.

Peringatan Hari Rabies Sedunia yang diperingati Pemkot Magelang pun bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mencegah dan pengendalian penyakit rabies.

Pada kegiatan itu, Disperpa bekerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Wilayah 3 Jawa Tengah.

"Kita sengaja membuka stand dan memberi vaksinasi rabies kepada hewan piaraan warga, sebagai dukungan Jawa Tengah bebas rabies. Kali ini, kita libatkan 12 dokter hewan dari PDHI Wilayah 3 Jawa Tengah dan 10 tim dari tim Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Magelang," kata Kepala UPT Klinik Hewan dan Lab Keswan, Heru Trisusila.

Menurut Heru, tak sekadar menyebar vaksinasi rabies secara cuma-cuma, pihaknya juga memberi kegiatan penyuluhan tetang penyakit rabies.

Sebab, pengetahuan masyarakat tentang rabies, lanjutnya, akan menambah kesadaran dan kewaspadaan terhadap penyakit hewan ini.

"Kita sediakan 200 dosis vaksinasi gratis. Karena mepetnya waktu di CFD maka sisanya bisa dilakukan di UPT Puskeswan, Jalan Pahlawan Kota Magelang," ujarnya.

Ia mengaku jika antusiasme dari warga yang punya hewan piaraan untuk menerima vaksinasi di Kota Magelang relatif tinggi.

Bahkan, meski stand yang dibuka hanya sekitar 3 jam, setidaknya 88 ekor hewan divaksinasi.

"Jumlah itu terdiri dari 51 kucing, 12 anjing, 1 ekor kera, dan 1 ekor musang. Mengingat animo masyarakat yang tinggi, sisa kuota akan kami layani di Puskeswan Kota Magelang hingga target 200 dosis terpenuhi," pungkasnya. (*)

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved