Breaking News:

Kota Yogya

Bank Sampah Antarkan Kotagede Raih Adipura Kecamatan

keberadaan bank sampah yang ada di setiap RW, kelurahan, serta kecamatan membuat Kotagede diganjar penghargaan Adipura Kecamatan.

TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Camat Kotagede, Rajwan Taufik menjajal angkutan roda tiga yang merupakan hadiah Adipura Kecamatan yang berhasil diraih 7 kecamatan di Kota Yogyakarta. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Camat Kotagede, Rajwan Taufik yang menjadi satu dari tujuh perwakilan kecamatan di Kota Yogyakarta yang mendapatkan hadiah angkutan roda tiga dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta terkait Adipura Kecamatan, mengaku akan memanfaatkan hadiah tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Dengan adanya kendaraan ini, kami akan memanfaatkannya untuk melakukan monitoring wilayah terkait pengembangan bank sampah dan monitoring terkait pencapaian adipura," ujarnya di sela-sela kegiatan penyerahan hadiah tersebut, di Kantor DLH Kota Yogyakarta Jalan Gambiran, Jumat (27/9/2019).

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

Ia menjelaskan, selama ini yang dilakukan pihaknya hingga berhasil meraih penghargaan Adipura Kecamatan adalah keberadaan bank sampah yang ada di setiap RW, kelurahan, serta kecamatan.

"Ada bank sampah instansional atau tingkat instansi yang juga sebagai contoh untuk masyarakat," bebernya.

Upaya lain yang dikakukan adalah dengan memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak membakar sampah mereka, melainkan melakukan pemilahan antara sampah organik dan nonorganik untuk selanjutnya dilakukan penanganan berikutnya.

"Masyarakat kita ajak membuat komposter di wilayah. Selama ini kita galakan lorong sayur dan lorong buah. Sampah dalam komposter jadi pupuk yang bersinergi dengan program lorong tadi. Selain itu kita buat biopori jumbo wilayah untuk mengurangi banjir, penyerapan air, dan membuat pupuk organik," bebernya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved