Gunungkidul

Penandatanganan NPHD dengan KPU Masih Menunggu Review dari Inspektorat

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Saptoyo mengatakan, setelah ada kesepakatan dengan KPU dan Bawaslu Gunungkidul tidak bisa la

Penandatanganan NPHD dengan KPU Masih Menunggu Review dari Inspektorat
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Pemkab Gunungkidul masih menunggu hasil review dari inspektorat, daerah untuk melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang ditargetkan akan dilaksanakan pada senin mendatang (30/9/2019).

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Saptoyo mengatakan, setelah ada kesepakatan dengan KPU dan Bawaslu Gunungkidul tidak bisa langsung dilakukan penandatanganan NPHD.

"Sudah ada peraturan menteri dalam negeri yaitu semua perencanaan anggaran harus ada review atau kajian dari inspektorat daerah. Dana hibah yang ditujukan untuk KPU maupun Bawaslu masuk dalam rencana kerja dan Anggaran Pejabat Pengelola Keuangan Daerah dalam sektor belanja tak langsung. Hal ini berarti sebelum adanya perjanjian, maka prosesnya harus melalui review di inspektorat," jelasnya, Kamis (26/9/2019).

Penandatanganan NPHD Maksimal 1 Oktober

Diriinya mengatakan saat ini sedang dilakukan review, dan pihaknya menargetkan pada 30 september mendatang sudah bisa dilakukan penandatanganan NPHD.

"Kalau ada revisi ya paling tidak akan mundur satu hari penandatanganan NPHD yaitu pada 1 Oktober 2019.," imbuhnya.

Terpisah Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, pihaknya telah melakukan pembahasan dengan pemkab Gunungkidul terkait dengan anggaran yang digunakan untuk Pilkada yaitu sebesar Rp 28,9 miliar.

"Jumlah memang lebih sedikit dibandingkan dari pengajuan awal yang sebesar Rp 29 miliar. Kami diminta untuk melakukan efisiensi setelah kami pelajari berkaitan dengan honor tim adhoc dan penyesuaian kegiatan berdasar Standarisasi Harga Barang dan Jasa [SHBJ] daerah maka ditemukan angka sebesar Rp28,7 miliar,” katanya.

Waktu Mepet, KPU Gunungkidul Optimis Selesaikan Pembahasan Anggaran Kampanye

Hani menjelaskan, kepastian anggaran masih menunggu proses penandatanganan NPHD dengan pihak Pemkab Gunungkidul.

"Ini masih berupa usulan pastinya akan diketahui setelah dilakukan penandatanganan NPHD dengan pihak Pemkab," katanya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved