Yogyakarta

KPU DIY Gelar Evaluasi Sosialisasi Pemilu 2019

Pemilu tahun ini, angka partisipasi pemilih di DIY menduduki urutan kedua nasional setelah Papua yakni di angka 88 persen atau 2,7 juta pemilih.

KPU DIY Gelar Evaluasi Sosialisasi Pemilu 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan saat membuka kegiatan Evaluasi Sosialisasi Tahapan Pemilu 2019, Kamis (26/9/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KPU DIY menggelar Evaluasi Tahapan Sosialisasi Pemilu Tahun 2019 di Hotel Santika, Kamis (26/9/2019).

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan menjelaskan bahwa pada Pemilu tahun ini, angka partisipasi pemilih di DIY menduduki urutan kedua nasional setelah Papua yakni di angka 88 persen atau 2,7 juta pemilih.

Angka yang tinggi tersebut, lanjutnya, perlu dievaluasi bersama, baik KPU DIY maupun KPU Kabupaten/Kota.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

Ia mengatakan ada banyak PR bagi KPU untuk melihat kembali apa yang sudah dilakukan.

"Apakah sekadar mengajak orang datang ke TPS yang merupakan resep minimalis, atau apakah secara substantif sudah menanamkan nilai? Nilai ini yang penting," ujarnya, dalam forum tersebut.

Terkait metode yang digunakan untuk sosialisasi, baik terkait pemungutan suara, calon, dan seterusnya, Hamdan mengatakan bahwa pada Pemilu ini KPU mengimbangi kondisi perkembangan teknologi yakni penggunaan media sosial yang sangat masif, dari pada Pemilu 2014 lalu.

"Perkembangan teknologi harus diikuti KPU pada segmen tertentu. Bila ceruk pemilih besar adalah milenial yang banyak menggunakan gawai dan internet, maka mau tidak mau kami juga menggunakan media sosial dan videografis yang simple dan mengena ke mereka," ujarnya.

Proses Pemilos di Bantul A-Z mirip Pemilu

Tidak hanya terkait sosialisasi, kinerja KPU di media sosial juga sekaligus untuk menangkal hoax yang marak berkembang selama Pemilu 2019 ini.

Halaman
123
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved