PT Manajemen CBT Nusantara Gelar Balkondes Award 2019 untuk Apresiasi Balkondes di kawasan Borobudur

Tujuannya untuk mengapresiasi kerja keras para stakeholder terkait yang telah mengiringi perjalanan Balkondes di kawasan Candi Borobudur

PT Manajemen CBT Nusantara Gelar Balkondes Award 2019 untuk Apresiasi Balkondes di kawasan Borobudur
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Balkondes Karangrejo menjadi pemenang kategori Best of The Best Balkondes dan berhak menerima penghargaan berupa uang tunai Rp10 juta dan trophy dalam Balkondes Award yang diselenggarakan di Balkondes Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Selasa (24/9/2019) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - PT Manajemen CBT Nusantara menggelar malam apresiasi bertajuk Balkondes Award yang diselenggarakan di Balkondes Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Selasa (24/9/2019) malam.

Tujuannya untuk mengapresiasi kerja keras para stakeholder terkait yang telah mengiringi perjalanan Balkondes di kawasan Candi Borobudur hingga mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Apresiasi ini ditujukan kepada seluruh stakeholder terkait di 20 Balkondes yang ada, mulai dari BUMN Sponsor, Pemerintah Desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) hingga karyawan Balkondes.

Jatmika Budi Santoso selaku Direktur PT Manajemen CBT Nusantara, mengatakan alasan dihadirkannya Balkondes Award yang pertama kali ini adalah langkah apresiasi pihaknya atas kerja keras serta upaya yang telah dilakukan oleh stakeholder hingga Balkondes dapat berkembang seperti saat ini.

"Harapannya dengan adanya Balkondes Award ini akan menambah semangat seluruh stakeholder terkait sehingga menjadi sebuah teamwork yang bagus yang nanti manfaatnya akan dirasakan sendiri oleh masyarakat," katanya.

Dalam malam penghargaan ini ada tujuh kategori yaitu Balkondes Terbersih, Balkondes dengan Tata Kelola Terbaik, Balkondes Pemberdayaan Masyarakat Terbaik, Balkondes Terfavorit, Balkondes dengan Support BUMN Terbaik, Karyawan Terbaik dan Best of The Best Balkondes.

"Ada tujuh kategori penilaian dalam Balkondes Award ini, dengan hadiah uang pembinaan senilai Rp10 juta untuk Balkondes Best Of The Best. Sedangkan untuk kategori lainnya masing-masing Rp7,5 juta ," beber Jatmika.

Dalam malam penganugerahan ini telah didapatkan pemenang dari tujuh kategori tersebut adalah, untuk Terbersih Balkondes Karangrejo, Tata Kelola Terbaik Balkondes Karangrejo, Pemberdayaan Masyarakat Terbaik Balkondes Bigaran, Terfavorit Balkondes Tegalarum, Support BUMN Terbaik Balkondes Tuksongo, Karyawan Terbaik Yuspika dari Balkondes Karangrejo. Sedangkan Best of The Best Balkondes diraih oleh Balkondes Karangrejo.

Selain menjadi malam apresiasi, penganugerahan ini sekaligus menjadi penanda berjalannya Balkondes di bawah naungan PT Manajemen CBT Nusantara yang kedua tahunnya.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso mengatakan dukungan dan apresiasi setinggi-tingginya atas dilaksanakan Balkondes Award yang pertama kali ini.

Menurut dia, kehadiran Balkondes sudah dirasakan oleh masyarakat sekitar baik dari segi ekonomi hingga kesejahteraannya.

Bahkan Balkondes juga terbukti mendongkrak angka kunjungan wisatawan di Kabupaten Magelang dan sekitarnya.

"Saat ini aktivitas Balkondes sudah memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungannya. Wisatawan banyak yang berkunjung bahkan mengadakan event di Balkondes. Tentu ini menjadi sebuah magnet baru di dunia pariwisata Kabupaten Magelang, lebih khusus di Borobudur," sebutnya.

"Yang pada akhirnya akan menggerakkan banyak roda perekonomian sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat Kabupaten Magelang," tutupnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved