Sudah Makan Banyak Tapi Tetap Kurus, Ini Penyebab Sulit Menambah Berat Badan

Berbagai cara sudah dilakukan, mulai dari olahraga hingga makan banyak. Tapi tak juga gemuk, badan tetap tidak berisi, alias tetap kurus kering

Sudah Makan Banyak Tapi Tetap Kurus, Ini Penyebab Sulit Menambah Berat Badan
IST
Tubuh kurus 

Bagi sebagian orang, kegemukan menjadi masalah besar. Tak hanya persoalan fisik, kegemukan juga bisa memicu permasalahan kesehatan lainnya.

Akan tetapi bagi sebagian orang lainnya, kegemukan juga begitu dirindukan. Ini dialami oleh mereka yang bertubuh kurus.

Berbagai cara sudah dilakukan, mulai dari olahraga hingga makan banyak. Tapi tak juga gemuk, badan tetap tidak berisi, alias tetap kurus kering.

Banyak cara menggemukan badan terutama menggunakan obat-obatan kimia, tapi tak sedikit di antaranya yang memiliki efek samping. Lantas bagaimana caranya menggemukkan badan? Sebelum Anda menjalani program penggemukkan badan, ada baiknya ketahui terlebih dahulu apa penyebab badan Anda kurus.

Berikut beberapa pemicunya ;

  1. Gangguan makan: Ini termasuk di antaranya anoreksia nervosa, gangguan mental serius.
  2. Masalah tiroid: Memiliki tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) dapat meningkatkan metabolisme dan menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat.
  3. Penyakit seliaka: Bentuk intoleransi gluten paling parah. Kebanyakan orang dengan penyakit celiac tidak tahu bahwa mereka memilikinya.
  4. Diabetes: Memiliki diabetes yang tidak terkontrol (terutama tipe 1) dapat menyebabkan penurunan berat badan yang parah.
  5. Kanker: Tumor kanker sering membakar sejumlah besar kalori dan dapat menyebabkan seseorang kehilangan banyak berat badan.
  6. Infeksi: Infeksi tertentu dapat menyebabkan seseorang menjadi sangat kurus. Ini termasuk parasit, TBC dan HIV / AIDS.

Jika Anda terlalu kurus, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Berikutnya, ini merupakan tips efektif menggemukkan badan dengan cara yang sehat.

1. Makan Lebih Banyak Kalori Daripada Membakar Tubuh Anda

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menambah berat badan adalah mengonsumsi kalori lebih banyak. Ini artinya Anda makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh Anda.

Anda dapat menentukan kebutuhan kalori Anda menggunakan kalkulator kalori ini.

Halaman
1234
Penulis: Tribun Jogja
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved