Breaking News:

Update Pembangunan Yogyakarta International Airport, Tinggal 20 % Lagi Rampung Total

Perusahaan pelat merah itu saat ini masih berkutat dengan pekerjaan di sektor gedung terminal penumpang yang akan memiliki luasan 219.000 meter perseg

Tribun Jogja/Suluh Prasetyo
Nikmati sajian Harian Tribun Jogja hari ini 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - PT Angkasa Pura I berkejaran dengan waktu untuk segera menyelesaikan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo sepenuhnya hingga akhir tahun ini. Adapun bandara itu rencananya akan mulai beroperasi penuh di awal 2020 mendatang.

Secara umum, menurut data AP I, perkembangan pembangunan Bandara YIA secara keseluruhan saat ini sudah mencapai sekitar 80 persen. Perusahaan pelat merah itu saat ini masih berkutat dengan pekerjaan di sektor gedung terminal penumpang yang akan memiliki luasan 219.000 meter persegi serta sektor aksesibilitas dalam area bandara.

"Untuk terminal, kita masih mengerjakan lantai 3 sedangkan lantai 1 dan 2 tinggal finishing saja. Flyover (jalan layang) juga masih kita kejar," kata Project Manager Pembangunan YIA PT AP I, Taochid Purnama Hadi, Minggu (22/9).

Lantai 3 terminal YIA merupakan calon lokasi gerbang keberangkatan penumpang (departure) pada saat beroperasi penuh nanti. Lantai ini nantinya akan terhubung dengan flyover (jalan layang) yang melingkar dari gerbang utama kawasan Bandara YIA selepas jalan nasional Yogya-Purworejo. Adapun saat ini operasional penerbangan domestik YIA hanya berkutat di sisi timur gedung terminal dengan lantai 1 dimanfaatkan sebagai area check in dan kedatangan penumpang (arrival) sedangkan area keberangkatan menggunakan lantai 2. Area timur ini nantinya akan menjadi lokasi terminal untuk penerbangan internasional sedangkan penerbangan domestik dilayani di sisi barat.

Taochid mengatakan, lima fixed bridge (jembatan koridor penghubung bangunan terminal dengan badan pesawat) saat ini sudah hampir seluruhnya rampung terbangun. Beberapa bahkan sudah dipasangi unit garbarata meski untuk fixed bridge 4 dan 5 masih harus dilakukan penyempurnaan, terutama untuk di lantai 3.

Berita selengkapnya, simak die edisi cetak Tribun Jogja hari ini. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved