Lifestyle

Tips Menanam di Lahan Sempit, Mulai Pemilihan Tanaman dan Letaknya

Keterbatasan lahan bukan halangan untuk mulai menanam, terutama di kawasan perkotaan.

Tips Menanam di Lahan Sempit, Mulai Pemilihan Tanaman dan Letaknya
worldodsucculents.com
Ilustrasi tanaman Sansevieria atau juga dikenal sebagai Lidah Mertua. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Suyana belum lama ini membagikan informasi untuk membuat taman di lahan sempit serta merawat tanaman di rumah yang ada di perkotaan.

Ia mengatakan bahwa keterbatasan lahan bukan halangan untuk mulai menanam.

Suyana menjelaskan, untuk membuat taman di lahan yang sempit, hal terpenting yang perlu dilakukan adalah menentukan point of interest, biasanya terletak di pojok atau pinggir.

Keceriaan Pedagang dan Juragan Sayur Berjoget Ria di Grebek Pasar Isuzu Traga 2019 Magelang

"Biasanya ada di teras. Bisa dibuat di sana dengan melihat titik pandang yang menarik," ungkapnya, belum lama ini.

Ia pun menyebut salah satu tanaman yang cocok ditanam di perkotaan maupun diletakkan di dalam rumah adalah Sansevieria atau juga dikenal sebagai Lidah Mertua.

Tanaman yang memiliki kemamampuan menyerap polutan sehingga bisa memperbaiki kualitas udara sekitar, ditegaskan Suyana bila berada di dalam rumah tetap harus mendapatkan sinar matahari.

Penjelasan Tentang Daun Kratom, Tanaman Obat yang Viral karena Dianggap Punya Efek Seperti Narkoba

"Tanaman ini dapat menyerap racun dalam ruangan. Tapi tanaman juga butuh cahaya matahari. Jadi misal di kantor, Jumat-Minggu dikeluarkan untuk disiram dan biar terpapar matahari. Lalu Senin masuk ruangan lagi. Kalau di Balaikota tanaman di dalam ruangan, tiap berapa hari diganti. Jangan seumur-umur di situ," terangnya.

Selain melalui taman dan tanaman yang dibawa masuk ke ruangan, warga perkotaan juga bisa memanfaatkan lahan vertikal dalam hal ini tembok di lorong-lorong kampung sebagai media tanam maupun tembok rumah.

"Jadi bisa menanam sayur di lorong seperti yang sudah banyak saat ini, binaan Dinas Pertanian dan Pangan dengan program lorong sayur. Maupun tanaman rambat di dinding rumah," ujarnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved