Yogyakarta

Angkasa Pura I Masih Kerjakan Lantai Tiga Terminal Bandara YIA

PT Angkasa Pura I berkejaran dengan waktu untuk segera menyelesaikan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo sepenuhnya hing

Penulis: Singgih Wahyu Nugraha | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Suasana kedatangan penumpang penerbangan di terminal Bandara YIA, Temon, Kulon Progo, belum lama ini. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - PT Angkasa Pura I berkejaran dengan waktu untuk segera menyelesaikan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo sepenuhnya hingga akhir tahun ini.

Adapun bandara itu rencananya akan mulai beroperasi penuh di awal 2020 mendatang.

Secara umum, menurut data AP I, perkembangan pembangunan Bandara YIA secara keseluruhan saat ini sudah mencapai sekitar 80 persen.

Perusahaan pelat merah itu saat ini masih berkutat dengan pekerjaan di sektor gedung terminal penumpang yang akan memiliki luasan 219.000 meter persegi serta sektor aksesibilitas dalam area bandara.

Wilayah Sekitar Bandara YIA Rawan jadi Kawasan Kumuh, Begini Respon Pemkab Kulon Progo

"Untuk terminal, kita masih mengerjakan lantai 3 sedangkan lantai 1 dan 2 tinggal finishing saja. Flyover (jalan layang) juga masih kita kejar,"kata Project Manager Pembangunan YIA PT AP I, Taochid Purnama Hadi, Minggu (22/9/2019).

Lantai 3 terminal YIA merupakan calon lokasi gerbang keberangkatan penumpang (departure) pada saat beroperasi penuh nanti.

Lantai ini nantinya akan terhubung dengan flyover (jalan layang) yang melingkar dari gerbang utama kawasan Bandara YIA selepas jalan nasional Yogya-Purworejo.

Adapun saat ini operasional penerbangan domestik YIA hanya berkutat di sisi timur gedung terminal dengan lantai 1 dimanfaatkan sebagai area check in dan kedatangan penumpang (arrival) sedangkan area keberangkatan menggunakan lantai 2.

Area timur ini nantinya akan menjadi lokasi terminal untuk penerbangan internasional sedangkan penerbangan domestik dilayani di sisi barat.

Taochid mengatakan, lima fixed bridge (jembatan koridor penghubung bangunan terminal dengan badan pesawat) saat ini sudah hampir seliuruhnay rampung terbangun.

Beberapa bahkan sudah dipasangi unti garbarata meski untuk fixed bridge 4 dan 5 masih harus dilakukan penyempurnaan, terutama untuk di lantai 3.

Beberapa Penerbangan di Bandara Adisutjipto dan YIA Dibatalkan maupun Dialihkan Akibat Kabut Asap

"Insya Allah, awal 2020 sudah selesai semua dan layanan dipindahkan ke lantai 3,"kata Taochid.

Data dari AP I, Bandara YIA sejauh ini sudah melayani 14 jadwal penerbangan setiap harinya.

Antara lain untuk tujuan Jakarta (Cengkareng dan Halim), Palangkaraya, Samarinda, Lombok, dan Makassar oleh empat maskapai yakni CItilink, AIr Asia, Lion AIr, dan Batik AIr.

Angkasa Pura I mencatat dalam empat bulan beroperasi (sejak Mei-Agustus 2019), YIA telah melayani hingga 96.000 penumpang.

DIrektur Utama PT AP I, Faik Fahmi dalam keterangannya beberapa waktu lalu menyebut bahwa dalam waktu dekat juga akan dilakukan penambahan jadwal penerbangan di Bandara YIA oleh Lion Air.

Maskapai berlogo singa merah ini rencananya akan membuka rute Kualanamu-YIA-Kualanamu, YIA-Tarakan-YIA, YIA-Pontianak-YIA.

"Nanti akan ada 20 jadwal penerbangan yang dilayani di YIA. Beberapa maskapai juga telah merencanakan rute baru di YIA antara lain CItilink, Batik AIr, dan Lion AIr untuk 16 rute. Sehingga, total nanti ada 36 penerbangan dilayani YIA," kata Faik.(TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved