Kota Yogya

Revisi UU Perkawinan, Usia Minimal Pernikahan untuk Perempuan Menjadi 19 Tahun

Kemenag Kota Yogyakarta sedang menunggu surat resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia untuk pemberlakuan undang-undang tersebut di daerah.

Revisi UU Perkawinan, Usia Minimal Pernikahan untuk Perempuan Menjadi 19 Tahun
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Nur Abadi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DPR RI telah merevisi Undang-Undang nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan.

Sebelumnya disebutkan bahwa usia minimal perempuan untuk menikah adalah 17 tahun namun dengan revisi ini usia minimal perempuan menjadi 19 tahun atau sama dengan usia minimal laki-laki.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogyakarta, Nur Abadi menjelaskan pihaknya sedang menunggu surat resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia untuk pemberlakuan undang-undang tersebut di daerah.

Keceriaan Pedagang dan Juragan Sayur Berjoget Ria di Grebek Pasar Isuzu Traga 2019 Magelang

"Kami sudah koordinasi dengan Pemerintah Kota Yogyakarta paling tidak untuk sosialisasi. Kami bersama KUA dan kecamatan menjelaskan kepada masyarakat terkait revisi UU ini," ungkapnya, belum lama ini.

Sebelum adanya revisi UU Perkawinan, Nur menjelaskan bahwa pihaknya memiliki program pencegahan pernikahan usia anak yang juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

"Dinkes kaitannya dengan reporoduksi. Kalau kami kaitannya dengan pemahaman kepada orang tua agar menikahkan anak tidak hanya berdasarkan usia semata tapi kesiapan dan kedewasaan. Kita pendekatan agama lewat penyuluh agama di tiap KUA," bebernya.

Terkait jumlah pernikahan usia anak di Kota Yogyakarta, Nur menjelaskan bahwa dalam satu tahun setidaknya ada puluhan kasus.

Kebanyakan pernikahan tersebut dilakukan lantaran perempuan sudah hamil di luar nikah.

Undang-undang Pernikahan Direvisi, Diprediksi Akan Pengaruhi Dispensasi Menikah di Gunungkidul

Sebelumnya, Pemerintah Kota Yogyakarta telah memiliki Peraturan Walikota (Perwal) nomor 7 tahun 2019 tentang Pencegahan Perkawinan Anak.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved