Peringati World Cleanup Day 2019, IHGMA DIY Gotong Royong Bersihkan Alun-alun Kidul Yogyakarta

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka gerakan atau aksi sosial global yang memiliki tujuan memerangi sampah global atau World Cleanup Day

Peringati World Cleanup Day 2019, IHGMA DIY Gotong Royong Bersihkan Alun-alun Kidul Yogyakarta
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Organisasi hotel yakni DPD IHGMA DIY menggelar aksi bersih-bersih dalam rangka World Cleanup Day di Alun-alun Selatan Yogyakarta, Sabtu (21/9/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perwakilan hotel-hotel yang ada di DIY melalui Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD DIY melakukan aksi bersih-bersih kawasan alun-alun selatan Yogyakarta, Sabtu (21/9/2019).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka gerakan atau aksi sosial global yang memiliki tujuan memerangi sampah global atau World Cleanup Day yang jatuh di hari yang sama.

Kegiatan ini diikuti tak hanya oleh General Manager Hotel, tapi juga oleh staf dan karywan hotel.

Herryadi Baiin, Ketua DPD IHGMA DIY, menjelaskan gerakan ini merupakan inisiatif asosiasi untuk kembali menggalakkan aksi bersih-bersih dan menjaga kebersihan di lingkungan masyarakat terlebih kawasan wisata.

"Kita sengaja memilih Alun-alun selatan karena selain menjadi destinasi wisata, tempat ini juga memiliki nilai historis yang fantastis yaitu Masangin," katanya kepada media saat ditemui dilokasi.

Pihaknya berharap, aksi ini tak hanya menjadi simbolisasi saja melainkan dapat menularkan ke berbagai lapisan masyarakat untuk berupaya menjaga kebersihan tempat wisata dan lingkungan lainnya.

"Kita juga ingin budaya bersih-bersih dan buang sampah pada tempatnya ini dilakukan oleh wisatawan sehingga kebersihan tak hanya menjadi tanggung jawab masyarakat dan pemerintah sekitar saja, tapi siapa saja yang berkunjung," tandasnya.

Joko Paromo Humas IHGMA DPD DIY menambahkan komitmen menjaga kebersihan ini tak hanya menjadi ajang seremonial namun lebih dari itu, pihaknya ingin mendukung DIY menjadi destinasi wisata yang tak hanya bersejarah namun juga bersih.

"Tujuan kita ingin meningkatkan, mengembangkan dan mempromosikan pariwisata di Yogyakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved