Menyingkap Narasi Sejarah Indonesia-Jepang Lewat Buku Sisi Gelap Perang Asia

Menyingkap Narasi Sejarah Indonesia-Jepang Lewat Buku Sisi Gelap Perang Asia, karya seorang Indonesianis asal Jepang generasi ke-3, Aiko Kurasawa

Menyingkap Narasi Sejarah Indonesia-Jepang Lewat Buku Sisi Gelap Perang Asia

Di kalangan sejawaran tentu tidak asing dengan Nishijima Collection dan Kishi Collection, juga Masuda Atō Collection yang berisi tentang sejarah modern Indonesia.

Mereka inilah Indonesianis asal Jepang yang telah menyumbangkan koleksinya kepada Institute of Asia-Pacific Studies di Universitas Waseda, Tokyo dan Perpustakaan Institute of Developing Economies, Japan External Trade Organization (IDE-Jetro) di Chiba.

Lalu sekarang, seorang Indonesianis asal Jepang generasi ke-3, Aiko Kurasawa, juga berencana menyumbangkan koleksi pribadinya, termasuk dokumen-dokumen primer dan hasil-hasil wawancara untuk dipakai umum.

“Ini akan menjadi koleksi ke-4 dari Indonesianis asal Jepang mengenai sejarah Indonesia di Jepang. Kelak, koleksi ini akan disebut Kurasawa Collection,” tulis Ken’ichi Gotō, Profesor Emeritus Universitas Waseda, dalam Kata Pengantar buku terbaru karya Aiko Kurasawa.

Buku bertajuk Sisi Gelap Perang Asia: Problem Repatriasi dan Pampasan Perang Jepang Berdasarkan Arsip yang Belum Pernah Terungkap ini diluncurkan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jumat (20/9/2019) siang.

Peluncuran ini merupakan buah kerja sama antara Penerbit Buku Kompas (PBK) dengan LIPI.

Hadir sebagai pembicara dalam peluncuran dan diskusi buku, Prof. Dr. Asvi Marwan Adam, Dr. Rushdy Hoesein, dan Dr. Meta Sekar Puji Astuti.

Hasil Penelitian Panjang

“Buku ini merupakan sebagian dari disertasi doktor yang kedua, yang saya peroleh dari Universitas Tokyo, tahun 2011,” ungkap Aiko Kurasawa.

Halaman
1234
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved