Berita PSS Sleman

Pesan Cinta untuk Papua dari Slemania

Kelompok suporter PSS Sleman, Slemania berupaya menjaga dan memupuk rasa persaudaraan lewat sepak bola.

Pesan Cinta untuk Papua dari Slemania
Tribun Jogja/Hanif Suryo
Koreografi yang dibuat oleh Slemania di laga PSS Sleman vs Persipura Jayapura, Kamis (19/9/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM - Kelompok suporter PSS Sleman, Slemania berupaya menjaga dan memupuk rasa persaudaraan lewat sepak bola.

Koreografi bergambar pemuda yang mengenakan blangkon tengah merangkul pemuda lain dengan ikat kepala bertuliskan Persipura terbentang di tribun utara paruh pertandingan PSS versus Persipura di Stadion Maguwoharjo, Kamis (19/9/2019).

Anggota Presidium Slemania Asep Handi Kurniawan, menjelaskan, sambutan hangat yang diberikan kepada tim Mutiara Hitam semata untuk menjaga persaudaraan sesama bangsa.

Menurut dia, langkah itu diambil buntut dari sejumlah peristiwa yang terjadi di Papua dalam beberapa pekan terakhir.

Bemain Imbang dengan PSS Sleman, Pelatih Persipura Sebut Pemainnya Kelelahan

Pesan yang hendak Slemania sampaikan yakni ‘Kitorang Seduluran’, yang artinya kita sebagai manusia saling bersaudara.

Menurutnya, pemahaman ini harus terus disebarkan dan dijaga oleh seluruh eleman masyarakat dari berbagai latar belakang dan suku.

Asep berharap isu suku, ras, dan agama (SARA) tak dipermasalahkan. Slemania, katanya, akan berupaya menjaga dan memupuk rasa persaudaraan lewat sepak bola.

"Kalau saudara-saudara kami di Papua tersakiti, kami pun juga merasakan hal yang sama, karena kitorang seduluran. DIY-Papua bersaudara," kata Asep.

PSS Sleman-Persipura Jayapura Berbagi Poin, Begini Komentar Seto dan Jaksen F Tiago

Sebelumnya, Pelatih Persipura Jacksen F Tiago, menyambut baik apa yang Slemania lakukan. Menurut dia, sikap itu menunjukkan dukungan untuk menghilangkan perilaku rasisme.

Jaksen menyatakan ujaran rasis kepada pemain akan dijadikan sebuah motivasi. Jacksen mengatakan sudah mencoba itu kepada pemainnya saat melawan Persija Jakarta.

"Beberapa hari setelah kejadian saya sampaikan ke pemain bahwa kita berjuang bukan hanya untuk tiga poin saja, tapi demi sesuatu yang lebih besar untuk kepentingan yang lebih besar yaitu; melawan rasisme," tandas Jaksen. (Tribunjogja I Hanif Suryo)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved