Sleman

Angkat Image, Pemkab Sleman Boyong UKM ke Mal

Pemerintah Kabupaten Sleman berupaya meningkatkan kualitas UMKM dengan mengubah image lewat pemasaran di mal

Angkat Image, Pemkab Sleman Boyong UKM ke Mal
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kabupaten Sleman terus berupaya meningkatkan kualitas usaha mikro kecil menengah (UMKM). Salah satunya adalah dengan mengubah image UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Pustopo, mengatakan pihaknya ingin mengubah image UMKM termasuk koperasi yang dinilai kelasnya kecil dan tidak bergengsi menjadi sebuah usaha yang menjanjikan.

Gubernur BI: Indonesia Tak Terancam Resesi Ekonomi

"Kalau UKM dan koperasi dikelola dengan bagus, dan inovasi dikembangkan justru bisa menghidupi lebih dari sebuah PT atau CV. Maka kita boyong ke lokasi yang orang awam mengatakan itu tempat elit, yaitu mal," jelasnya.

Ia berharap, pandangan orang berubah dan dapat menilai koperasi dan UKM bisa tampil beda jika dikelola dengan baik.

APPBI DIY Siap Gelar ‘Wonderful Taste of Indonesia 3.0 di Delapan Mal

Namun demikian, meski berusaha mengangkat image, pihaknya juga tetap berusaha menjaga kualitas. Beberapa caranya adalah dengan pelatihan tentang produksi, IT dan pemasaran.

Ia menyebut, salah satu kendala UKM adalah SDM dan modal.

Maka salah satu kartu truf mereka untuk mengantisipasi itu adalah dengan mendirikan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). Di dalam PLUT terdapat konsultan yang akan mendampingi para pegiat UKM dan koperasi.

PLUT ini merupakan fasilitasi layanan Pemkab Sleman melalui Dinas Koperasi dan UKM Sleman yang menyediakan jasa non finansial yang menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi dan UMKM.

Keceriaan Pedagang dan Juragan Sayur Berjoget Ria di Grebek Pasar Isuzu Traga 2019 Magelang

Harapannya ini bisa meningkatkan kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses pembiayaan, pengembangan kewirausahaan melalui peningkatan kapasitas wirausaha, teknis, manajerial, dan kinerja kelembagaan. Pada akhirnya hal itu diharapkan mampu untuk meningkatkan daya saing KUMKM Kabupaten Sleman.

"Harapannya UKM bisa membuat produksi dengan baik, dilatih dalam membuat kemasannya, dilatih cara menentukan harga yang menarik. Kalau tidak punya toko silakan dionline kan. Bahkan disitu kita siapkan studio untuk foto," paparnya. (Tribunjogja I Santo Ari)

Penulis: nto
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved