Internasional

Presiden AS Donald Trump Ngaku Belum Siap Temui Kim Jong Un di Pyongyang

Presiden AS Donald Trump memberikan sinyal dia belum bisa memenuhi undangan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Presiden AS Donald Trump Ngaku Belum Siap Temui Kim Jong Un di Pyongyang
AFP/SAUL LOEB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berjabat tangan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Sofitel Metropole Hotel, Hanoi, Vietnam, Rabu (27/2/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM --- Presiden AS Donald Trump memberikan sinyal dia belum bisa memenuhi undangan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un untuk berkunjung ke Pyongyang.

"Saya berpikir kami belum siap. Saya kira kami harus melalui beberapa jalan," terang Trump kepada awak media dikutip AFP Senin (16/9/2019).

"Relasi (dengan KIm Jong Un) sangatlah bagus," jelas Trump.

Tapi, dia merasa bukan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pyongyang.

Presiden 73 tahun itu mengatakan, tidak menutup kemungkinan dia akan mengunjungi ibu kota Korea Utara itu di masa depan dan melakukan pertemuan dengan Kim.

"Dan apa pun yang akan terjadi, saya yakin dia (Kim Jong Un) akan sangat menyukai ide untuk berkunjung ke AS," terang presiden ke-45 AS itu.

Sebelumnya, Kim mengundang Trump untuk berkunjung ke Pyongyang dalam surat pribadi mereka, seperti dirilis harian Korea Selatan (Korsel), JoongAng Ilbo.

Isi dalam surat itu menjadi penegasan undang yang sama, yang diutarakan oleh Kim ketika bertemu Trump di Zona Demiliterisasi akhir Juni lalu.

Pada saat yang sama, Korut menginginkan mereka mendapat jaminan keamanan dari AS sebagai syarat jika ingin melanjutkan perundingan denuklirisasi.

Negosiasi denuklirisasi di antara dua negara mengalami kebuntuan setelah pertemuan kedua antara Trump dan Kim di Hanoi, Vietnam, pada akhir Februari.

Halaman
123
Editor: iwe
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved