Bantul

KPU Bantul Pegang Komitmen Pemkab Soal Penandatanganan NPHD

Anggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bantul untuk 2019 masih menanti penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

KPU Bantul Pegang Komitmen Pemkab Soal Penandatanganan NPHD
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Anggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bantul untuk 2019 masih menanti penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

KPU Bantul berharap NPHD dapat ditandatangani maksimal pada 1 Oktober nanti.

Jika NPHD tidak ditandatangani, akan berdampak pada tahapan pilkada.

Agustus lalu KPU Bantul menerima peraturan dari KPU RI Nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan pemilihan kepala daerah serentak yang salah satunya memuat bahwa tahapan pilkada dimulai dari 2019.

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

"Karena sesuai tahapan dimulainya di 2019. Kemarin yang kita ajukan anggaran yang 2020. Ternyata ada tahapan di 2019. Dua tahun anggaran pembiayaan pilkada sudah kita ajukan. Nanti tanggal 19 September akan kita diskusikan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk materi NPHD," kata Didik pada Tribunjogja.com.

Anggaran baru bisa dicairkan jika NPHD telah ditandatangani.

"Dampaknya tentunya tahapan tidak bisa berjalan. Pasca penandatanganan NPHD baru kita bisa mencairkan anggaran," paparnya.

"Anggaran tentunya berkaitan dengan penyusunan-penyusunan produk hukum. Karena pasca penandatanganan NPHD kita harus meng-SK-kan hari dan tanggal pemungutan suara. Kalau tidak ada NPHD jadi terhambat karena tidak ada penganggaran," lanjutnya.

Didik mengatakan, pemkab telah berkomitmen untuk menandatangani NPHD sebelum 1 Oktober dari hasil komunikasi terakhir KPU Bantul dan pemkab.

"Komunikasi terakhir dengan TAPD 11 September kemarin tidak ada kendala," ungkapnya.

"Artinya yang kami dapatkan, ada komitmen pemda untuk menandatangani sebelum tanggal 1. Ini yang kami pegang. Bagi kami sudah progres yang bagus. Ada kepastian untuk menjalankan pilkada," tuturnya.

Didik menambahkan launching pilkada nasional di 270 daerah akan dilaksanakan 23 September mendatang.

Setelah launching akan ada banyak tahapan yang harus dilaksanakan di 2019. (*)

Penulis: amg
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved