Batas Minimal Menikah Jadi 19 tahun, Pengajuan Dispensasi Menikah Dirediksi Akan Meningkat

Kemungkinan nanti akan bertambah jumlah yang mengajukan dispensasi menikah bisa dua-duanya (perempuan dan laki-laki).

Batas Minimal Menikah Jadi 19 tahun, Pengajuan Dispensasi Menikah Dirediksi Akan Meningkat
Tribun Jogja/Suluh Prasetyo
Nikmati sajian Harian Tribun Jogja hari ini 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Dewan Perwakilan Rakyat (DRP) RI melakukan revisi pada UU No 1 tahun 1974, yang satu di antaranya adalah mengenai batas minimal menikah yang menjadi 19 tahun, baik itu untuk perempuan maupun laki-laki. Disahkannya revisi tersebut dinilai akan berdampak pada jumlah dispensasi menikah di Kabupaten Gunungkidul.

Humas Pengadilan Agama Kabupaten Gunungkidul, Barwanto mengatakan, sebelum mendapatkan revisi batas minimal usia untuk menikah adalah 16 tahun bagi perempuan dan laki-laki minimal pada usia 19 tahun.

"Kemungkinan nanti akan bertambah jumlah yang mengajukan dispensasi menikah bisa dua-duanya (perempuan dan laki-laki). Sebelum ada revisi yang terbanyak mengajukan dispensasi laki-laki," ucapnya, Selasa (17/9/2019).

Barwanto mengatakan dalam kurun waktu tiga tahun jumlah yang mengajukan dispensasi cenderung naik-turun. ia mengatakan dari tahun 2017 ada sebanyak 67 pasangan yang mengajukan dispensasi menikah, lalu pada tahun 2018 naik menjadi 79 pasangan yang mengajukan dispensasi menikah.

Berita selengkapnya, simak di edisi cetak Tribun Jogja hari ini. (*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: wid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved