Gunungkidul

Wujudkan Among Tani Dagang Layar, Pemkab Gunungkidul Siapkan Perda Penataan Pantai

Konsep Among Tani Dagang Layar sangat pas dengan Gunungkidul karena wilayah ini memiliki semuanya mulai dari daerah pertanian hingga layar (laut).

Wujudkan Among Tani Dagang Layar, Pemkab Gunungkidul Siapkan Perda Penataan Pantai
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Konsep provinsi DIY yaitu Among Tani Dagang Layar menjadi konsentrasi Anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul.

Untuk mewujudkannya, DPRD Gunungkidul akan mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif terkait penataan kawasan pantai.

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, saat ini anggota dewan sedang melakukan program kerja untuk tahun depan, satu di antaranya adalah membahas raperda tersebut.

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

"Rancangan raperda penataan kawasan pantai ini menurut kami mendasak selain itu juga sesuai dengan program yang digagas oleh Pemkab Gunungkidul dan juga sesuai dengan konsep Provinsi," katanya pada Tribunjogja.com, Selasa (17/9/2019).

Lanjut Endah, konsep Among Tani Dagang Layar sangat pas dengan wilayah Gunungkidul karena Kabupaten Gunungkidul memiliki semuanya mulai dari daerah pertanian hingga layar (laut).

"Tidak semua daerah di DIY memiliki laut, sedangkan Gunungkidul memiliki semua. Gunungkidul memiliki garis pantai yang panjang. Untuk itu, mari kita buat laut Gunungkidul sebagai 'muka' dari DIY," lanjutnya.

Endah mengibaratkan Kabupaten Gunungkidul sebagai anak "perawan" karena Gunungkidul memiliki potensi untuk investasi yang besar sehingga banyak dilirik oleh investor untuk menanamkan modal di Kabupaten Gunungkidul.

"Investasi ini jangan sampai salah arah. Sehingga investasi dapat dinikmati dan membawa manfaat kepada masyarakat Gunungkidul," katanya.

Dinas Kebudayaan Gunungkidul dan Kodim Bekerja Sama Cari Petilasan Jenderal Soedirman

Ia mengatakan saat ini pihaknya dalam tahap konsultasi.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved