Sering Hanya Dijadikan Lalapan, Ini 5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Tubuh

Daun kenikir sering kali hanya dijadikan lalapan atau pelengkap sayur, tanpa kita tahu manfaatnya bagi kesehatan. Berikut lima manfaat daun kenikir!

Sering Hanya Dijadikan Lalapan, Ini 5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Tubuh
www.instagram.com/petanindeso
Daun kenikir dan bunganya. 

TRIBUNJOGJA.COM - Saat mendengar nama daun kenikir, apa yang ada dipikiran Anda? Lalapan? Sayur?

Ya, sebagian dari kita mungkin mengenal daun kenikir sebagai lalapan atau menjadi pelengkap sayur. Kita jarang mengetahui apa sebenarnya manfaat daun kenikir bagi kesehatan.

Lebih dari sekadar lalapan, daun kenikir ternyata memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bahkan bisa membantu mencegah osteoporisis.

Untuk itu, Tribunjogja.com kali ini akan membagikan lima manfaat daun kenikir untuk tubuh, dilansir dari laman Tribunnews.com.

1. Antioksidan tinggi

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Journal Pharmacology, terdapat 37 sayur mentah yang diuji termasuk daun kenikir dan hasilnya daun ini mengandung flavonoid (jenis antioksidan) yang tinggi.

Senyawa ini diyakini oleh peneliti dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan pencernaan.

Tak hanya itu, daun kenikir juga mengandung senyawa fenol (sejenis flavonoid) yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat.

2. Mengurangi risiko hipertensi

Journal of Research in Medical Sciences mempublikasikan penelitian yang menunjukkan daun kenikir dapat menghambat peningkatan frekuensi detak jantung.

Namun, pengujian ini masih sebatas dilakukan pada hewan.

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: ose
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved