Bisnis

Sejumlah Penerbangan dari Yogyakarta Terganggu Akibat Kabut Asap

Hingga Senin (16/9/2019), Lion Grup dan Sriwijaya Grup terpaksa membatalkan dan mennunda penerbangan untuk rute domestik akibat kabut asap.

Sejumlah Penerbangan dari Yogyakarta Terganggu Akibat Kabut Asap
(SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah maskapai penebangan dari Yogyakarta menuju berbagai daerah yang terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpaksa dibatalkan dan ditunda akibat mempertimbangkan faktor keselamatan. 

Hingga Senin (16/9/2019), maskapai seperti Lion Grup dan Sriwijaya Grup terpaksa membatalkan dan mennunda penerbangan untuk rute domestik akibat kabut asap yang memperpendek jarak pandang.

"Lion Air Group mengalami keterlambatan keberangkatan dan kedatangan (delay), kembali ke bandar udara keberangkatan, pengalihan pendaratan, serta melakukan pembatalan penerbangan, di beberapa jaringan domestik yang dilayani. Keputusan tersebut disebabkan akibat cuaca buruk berupa kabut asap yang terjadi di beberapa daerah," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dikutip dari keterangan yang diterima Tribunjogja.com.

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

Gangguan operasional penerbangan pada Lion Grup ini pada Minggu (15/9/2019) hingga pukul 18.00 waktu setempat telah mencapai beberapa penerbangan dengan rincian; Yogyakarta Adisutjipto (JOG) – Samarinda (AAP), Samarinda (AAP) – Yogyakarta Adisutjipto (JOG), Yogyakarta Kulonprogo (YIA) – Palangkaraya (PKY), Palangkaraya (PKY) – Yogyakarta Kulonprogo (YIA), dan Samarinda (AAP) – Yogyakarta Kulonprogo (YIA) dibatalkan.

Sementara yang mengalami keterlambatan 60 menit – 180 menit yakni rute Yogyakarta Adisutjipto (JOG) - Denpasar (DPS) dan sebaliknya serta pengalihan pendaratan untuk rute Yogyakarta Kulonprogo (YIA) – Samarinda (AAP) divert Makassar (UPG).

"Hari Senin ini kita batalkan satu penerbangan dari Yogyakarta Kulonprogo (YIA) – Palangkaraya (PKY)," kata Widi Wiyanti, Area Manager Lion Grup Jawa Tengah dan Yogyakarta saat dihubungi Tribunjogja.com.

Terdampak Kabut Asap, Lion Air Group Tunda hingga Batalkan Penerbangan ke Wilayah Ini

Widi menerangkan, bagi penumpang yang perjalannya terganggu bisa melakukan proses pengembalian dana (refund), perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

Pihaknya memastikan operasional penerbangan akan berjalan normal kembali setelah jarak pandang dinyatakan aman untuk penerbangan.

Distrik Manager Sriwijaya Air Yogyakarta, Henrico Fernando megatakan hal sama. Pihaknya terpaksa melakukan penundaan penerbangan untuk rute dari Jogja yang menuju Pontianak hingga pukul 17.30 Wib.

"Kita total ada 11 penerbangan dari Jogja, Sriwijaya Air enam dan Nam Air lima penerbangan. Sampai saat ini baru satu itu yang delay," kata dia. (*)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved