Nasional

Pesan Persahabatan dan Perdamaian dari Seniman Dunia di Borobudur International Art Festival 2019

Dalam 70 karya lukisan dan patung, mereka menuangkan rasa persahabatan antar negara dan juga perdamaian dunia.

Pesan Persahabatan dan Perdamaian dari Seniman Dunia di Borobudur International Art Festival 2019
istimewa
35 seniman dari 17 negara dengan berpakaian adat jawa, mereka mengikuti karnaval pada pembukaan Borobudur International Art Festival 2019 di Liman Jawi Art House, Borobudur, Magelang, Senin (16/9/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - 35 seniman dari 17 negara turut dalam pameran seni rupa Borobudur International Art Festival 2019 di Liman Jawi Art House, Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin (16/9/2019).

Dalam 70 karya lukisan dan patung, mereka menuangkan rasa persahabatan antar negara dan juga perdamaian dunia.

“Persahabatan dan perdamaian adalah apa yang kita ingin ungkapkan pada tema pameran kali ini. Para seniman dari 17 negara datang membuat karya yang apik yang dapat kita nikmati di Borobudur,” ujar Umar Chusaeni, pemilik Liman Jawi Art House, Senin (16/9/2019) di sela pembukaan pameran.

Yogyakarta Internasional Art Festival, Ajang Silaturahmi dan Tukar Budaya Seniman Dunia

Umar mengatakan, Borobudur ini dipilih karena telah dikenal sebagai salah satu icon dunia.

Borobudur dulu telah menjadi pusat seni budaya dunia.

Liman Jawi menjadi salah satu ruang seni yang ada di Borobudur, menjadi wadah seni bagi para seniman lokal dan juga unjuk karya bagi para seniman dunia.

“Kenapa di Borobudur karena Borobudur menjadi salah satu ikon dunia. Dengan melibatkan lebih dari 35 Seniman dari 19 negara, termasuk Indonesia, kita ingin dengan  acara seni rupa ini, melalui para seniman internasional ini dapat menunjukkan bahwa Indonesia memiliki sebuah nilai tradisi dan budaya yang layak diketahui di dunia internasional, Bagaimanapun seniman yang tampil dan hadir, mereka adalah seniman yang punya nama di negara masing-masing dan mewakili Komunitas di negara masing-masing,” tuturnya.

Umar mengatakan, melalui kegiatan ini para seniman yang mewakili dalam acara ini nanti akan lebih antusias. Kemudian dapat menggalakkan bidang seni di Indonesia, khususnya di Borobudur.

Seorang pengunjung menikmati berbagai karya seni pada pembukaan Borobudur International Art Festival 2019 di Liman Jawi Art House, Borobudur, Magelang, Senin (16/9/2019)
Seorang pengunjung menikmati berbagai karya seni pada pembukaan Borobudur International Art Festival 2019 di Liman Jawi Art House, Borobudur, Magelang, Senin (16/9/2019) (istimewa)

Pameran ini tidak hanya tentang seni saja, karena banyak dari masyarakat dan pelaku pariwisata, diharapkan dapat mempromosikan pariwisata di Borobudur.

Halaman
123
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved