Pendidikan

Jurnalis Foto, Oscar Matuloh, Dianugerahi Gelar Empu Ageng, dari ISI Yogyakarta

Gelar kehormatan tersebut disematkan karena Oscar dianggap telah berjasa luar biasa dalam bidang seni dan kebudayaan.

Jurnalis Foto, Oscar Matuloh, Dianugerahi Gelar Empu Ageng, dari ISI Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Rektor ISI Yogyakarta Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum saat memberikan keterangan gelar penghormatan Empu Ageng yang diberikan kepada Jurnalis Foto Oscar Matuloh. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menganugerahkan gelar Empu Ageng Kepada pewarta foto kawakan, Oscar Matuloh.

Gelar kehormatan tersebut disematkan karena Oscar dianggap telah berjasa luar biasa dalam bidang seni dan kebudayaan.

Terutama dibidang yang Ia geluti yakni Fotografi Jurnalistik.

Rektor ISI Yogyakarta Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum mengatakan penganugerahan gelar Empu Ageng kepada Oscar Matuloh sudah melalui berbagai pertimbangan mendalam dan proses diskusi panjang dikalangan sivitas akademika.

Bahkan, pihaknya mengaku sudah menelusuri rekam dan jejak karir, aktivitas serta pengabdian Oscar dibidang fotografi bagi dunia pendidikan.

ISI Yogyakarta Gelar Joint International Conference

"Melihat pertimbangan dan mendapatkan persetujuan dari senat ISI Yogyakarta. Oscar Matuloh sangat layak bahkan sudah seharusnya mendapatkan anugerah penghormatan Empu Ageng sesuai kompetensi dan kapasitas beliau dalam kiprahnya di Fotografi Jurnalistik," kata Agus Burhan, saat jumpa pers di ruang sidang ISI Yogyakarta, Senin (16/9/2019)

Gelar Empu Ageng adalah gelar kehormatan tingkatnya setara dengan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (DHC). Jika DHC diberikan kepada seseorang yang telah memenuhi pertimbangan keilmuan dan kontribusinya terhadap pendidikan.

Sedangkan, gelar Empu Ageng diberikan dari ISI Yogyakarta kepada seseorang yang pertimbangannya jejak berkarya dan telah melalui pencapaian-pencapaian kompetensi seni yang unggul.

Oscar Matuloh, sebagai Jurnalis Foto di kantor berita Antara dianggap telah menorehkan jejak sejarah penting dalam keilmuan yang ditekuninya.

Perjalanan panjang Oscar Matuloh dalam menekuni dunia fotografi bagi Inatitut Seni Indonesia Yogyakarta dinilai telah membawa dampak positif.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved