Pendidikan

Ingin Melanjutkan Kuliah di Amerika Serikat? Simak Pembahasan Berikut Ini

Pameran yang menampilkan 10 universitas atau sekolah tinggi ternama dan lembaga konsultasi ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai studi jen

Ingin Melanjutkan Kuliah di Amerika Serikat? Simak Pembahasan Berikut Ini
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
EducationUSA Indonesia dan Kedutaan Besar Amerika Serikat menggelar pameran pendidikan S2 dan S3 di Amerika Serikat (AS), "U.S. Graduate Fair 2019" pada Senin (16/9/2019) di Hotel Marriot Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - EducationUSA Indonesia dan Kedutaan Besar Amerika Serikat menggelar pameran pendidikan S2 dan S3 di Amerika Serikat (AS), 'U.S. Graduate Fair 2019' pada Senin (16/9/2019) di Hotel Marriot Yogyakarta.

Pameran yang menampilkan 10 universitas atau sekolah tinggi ternama dan lembaga konsultasi ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai studi jenjang pascasarjana di Amerika Serikat

EducationUSA merupakan jaringan Departemen Luar Negeri AS yang memiliki 400 pusat bimbingan siswa internasional di 170 negara, termasuk Indonesia.

Muhammad Iqbal selaku EducationUSA Advisor US Embassy Jakarta mengungkapkan, tugas dari EducationUSA adalah mempromosikan pendidikan tinggi AS kepada siswa di seluruh dunia dengan menawarkan informasi yang akurat, komprehensif.

Iqbal melanjutkan, bagi mahasiswa ingin menempuh pendidikan di AS, ada beberapa syarat dasar yang harus dipenuhi oleh mahasiswa tersebut.

Novel Harry Potter Dilarang di Salah Satu Sekolah Amerika Serikat karena Ada Mantra Sihir Magis

Diantaranya TOEFL / IELTS, Graduate Record Examination untuk jenjang S2 dan essay.

"Di AS tidak ada tes. Mereka hanya minta syarat-syarat itu, kalau bagus dan memenuhi syarat maka akan diterima," kata dia.

Lanjutnya, permasalahan terbesar bagi mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di AS yakni terkendala pada biaya yang mahal.

Jika dirupiahkan, biaya pendidikan dan biaya operasional di AS selama setahun mencapai  Rp 350-700 juta.

"Oleh karena itu, pihak pendukung memberikan beasiswa salah satunya Fullbright dari pemerintah Amerika memberikan beasiswa full, dan ada LPDP dari pemerintah Indonesia yang memberikan beasiswa full," ujarnya.

Ada lima langkah yang harus dilakukan oleh mahasiswa jika ingin melanjutkan pendidikan di AS.

50 Ton Kulit Kayu Manis Asal DIY Resmi Diekspor ke Prancis dan Amerika Serikat

Yang pertama harus mencari tahu informasi kampus pilihannya, pembiayaan studi, lengkapi aplikasi, mengurus visa dan persiapkan keberangkatan.

EducationUSA juga memiliki beberapa advisor yang akan membantu mencari kampus paling cocok untuk mahasiswa.

"Bukan mencari kampus dulu, tapi kita melihat profil siswanya, sejauh mana perisapan dia, TOEFL berapa. Dari syarat itu kemudian mencocokkan nilai TOEFL dengan kampus yang punya standar dengan nilai segitu. Untuk mencari informasi lebih dalam tentang kampus di AS bisa melalui website www.usnews.com," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved