Yogyakarta

Bedog Art Festival ke-10 2019 Angkat Isu Lingkungan dan Keberagaman

Tak ketinggalan, lebih dari 2.000 senthir akan menghias lokasi tersebut yang akan menambah kekhasan dari festival ini.

Bedog Art Festival ke-10 2019 Angkat Isu Lingkungan dan Keberagaman
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Salah satu penampil Bedog Art Festival #10 saat menunjukkan gerakan tari yang akan dibawakan dalam festival Bedog Art Festival pada 19-21 September 2019 mendatang 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Isu soal lingkungan dan keberagaman tampaknya masih menjadi isu yang hangat untuk dibahas.

Tak terkecuali oleh para seniman yang akan tampil dalam Bedog Art Festival ke-10 tahun 2019 yang diselenggarakan di Kali Bedog, Studio Banjarmili, Kradenan, Banyuraden, Gamping, Sleman pada 19-21 September 2019 mendatang.

M Miroto Direktur BAF #10 2019 menjelaskan isu lingkungan dan keberagaman memang masih menjadi topik hangat untuk terus digelorakan.

Isu ini layak untuk diangkat tak lain merespon lokasi pementasan yang berada di atas Kali (sungai) Bedog yang memiliki muara di Gunung Merapi sebagai gunung yang memiliki ikatan kuat dengan Yogyakarta.

Bedog Art Festival 2019, Apa Bedanya dengan Tahun Lalu?

"Kita harus sadar bahwa lingkungan hidup adalah sumber kehidupan kita, oleh karenanya jika ada orang yang membuang sampah plastik sembarangan termasuk ke Kali Bedog maka orang tersebut telah kehilangan kepeduliannya terhadap kehidupan generasi berikutnya," katanya, Senin (16/9/2019).

Bukan tanpa alasan, Miroto mengatakan sampah plastik merupakan sampah yang saat ini menjadi masalah dan isu besar terkait lingkungan. Tak hanya di sungai bahkan di lautan.

"Sebab, sampah plastik akan meninggalkan jejak jauh lebih lama dibandingkan tubuh si pembuang plastik tersebut," katanya.

Oleh karenanya, melalui festival ini, Miroto ingin menyuarakan betapa pentingnya merawat lingkungan mulai dari tindakan konkret dalam wujud perilaku bersih lingkungan.

19 Penampil Bakal Meriahkan Bedog Art Festival 2019

"Sampah plastik tak boleh dibung melainkan di kelola sehingga dapat bermanfaat bagi lingkungan," tandasnya.

Selain isu lingkungan, BAF #10 2019 juga mengusung isu keberagaman.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved