Alasan Kenapa Dokter Sering Menyuruh Menunjukan Lidah Ketika Diperiksa

Kelenjar inilah yang berperan untuk mengecap rasa atau termasuk ke dalam indera perasa. Nah bagaimana jika tubuh kita dalam kondisi tidak sehat?

Alasan Kenapa Dokter Sering Menyuruh Menunjukan Lidah Ketika Diperiksa
internet
Cari Tahu Kesehatan Tubuh dari Warna Lidahmu 

TRIBUNJOGJA.COM - Pasti Anda pernah diminta untuk membuka mulut kemudian menjulurkan lidah ketika memeriksakan kesehatan ke dokter.

Tapi tahukah kamu alasannya?

Tubuh sebenarnya memiliki sensor yang bisa memberikan peringatan kepada anda ketika ada sesuatu hal yang terjadi pada tubuh anda.

Salah satunya bisa dilihat melalui kondisi lidah anda.

Kondisi yang sehat, dicirikan dengan lidah yang sedikit bergelombang, berwarna merah muda, bersih dan dipenuhi papillae yakni kelenjar-kelenjar bernentuk bulat.

Kelenjar inilah yang berperan untuk mengecap rasa atau termasuk ke dalam indera perasa. Nah bagaimana jika tubuh kita dalam kondisi tidak sehat? Lidah bisa memberitahukan kamu.

Dikutip dari Women Health Magz, lidah memang sejak lama digunakan untuk mendiagnosa penyakit. Ini bisa dilihat dari tekstur dan perubahan warna yang terjadi pada lidah. Bahkan, ini menjadi pokok pengobatan di China dan Barat.

Inilah alasan kenapa dokter kerap kali menyuruh kita untuk membuka mulut dan menjulurkan lidah saat memeriksa kesehatan.

1. Lidah dengan permukaan halus dan pucat
Ini bisa menjadi tanda bahwa anda kekurangan B12 atau zat besi. Demikian ungkap Steven Lamm, MD seorang internis dan asisten profesor di NYU Langone Medical Center New York.

2. Warna lidah menghitam dan terlihat seperti berbulu
Ini bukan berarti lidah anda benar-benar tumbuh folikel rambut, namun istilah ini digunakan untuk menggambarkan kondisi terjadinya akumulasi sekresi pada permukaan lidah sehingga permukaan kulit pun berubah jadi berwarna gelap. Ini menandakan bahwa kebersihan mulut kamu perlu dilihat lagi.

Halaman
12
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved