Sport

Yogyakarta Didapuk Jadi Tuan Rumah Asian Table Tennis Championship 2019

Ketua Pengda Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) DIY, Bagiya Rahmadai mengatakan, sebanyak 502 atlet, plus official, bakal memperebutkan st

Yogyakarta Didapuk Jadi Tuan Rumah Asian Table Tennis Championship 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Yogyakarta didapuk sebagai tuan rumah kejuaraan tenis meja SSP 24th ITTF Asian Table Tennis Championship 2019, yang berlangsung di GOR Amongrogo, 15-22 September. Ratusan atlet dari 36 negara turut serta dalam ajang tersebut.

Ketua Pengda Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) DIY, Bagiya Rahmadai mengatakan, sebanyak 502 atlet, plus official, bakal memperebutkan status jawara Asia.

Di samping itu, pemilihan Yogyakarta sebagai venue pun bukan tanpa alasan.

Kejuaraan Tenis Meja Asia 2019 Bakal Digelar di Yogyakarta

"Karena Yogyakarta ini terkenal dengan budayanya, kemudian pariwisata dan pendidikan yang menarik, sehingga dinilai pantas jadi tuan rumah, mewakili Indonesia," katanya, Sabtu (14/9/19).

Sebelumya ITTF juga telah melakukan verifikasi, atau rangkaian pengecekan, mengenai kelayakan dari GOR Amongrogo yang menjadi arena pertandingan.

Dalam proses terakhir, memang venue dinyatakan masih membutuhkan beberapa pembenahan.

"Tapi, hanya sedikit ya, pembenahan untuk fasilitas pendukung seperti toilet dan ruang ganti pemain, serta P3K," jelasnya.

Kejurda Tenis Meja DIY Digelar, Jaring Potensi Atlet Muda

Menariknya, selain menjalani pertandjngan, delegasi 36 negara tersebut juga mendapatkan fasilitas wisata, dengan mengunjungi beberapa destinasi di sela-sela turnamen.

Sejumlah lokasi itu, diantaranya yakni Tebing Breksi, hingga kawasan Kota Gedhe.

"Sabtu malam ini para peserta juga akan dijamu dalam agenda welcome dinner, yang berlangsung di Bangsal Kepatihan," ungkap Bagiya.

Pihaknya pun berkeinginan, dengan digelarnya Asian Table Tennis Championship 2019 di Yogyakarta, para atlet tenis meja di DIY, mampu menimba ilmu secara langsung dari pemain kelas dunia.

Oleh sebab itu, ia menghimbau agar atlet hadir menyaksikan.

"Kami sudah melakukan sosialisasi kepada semua klub di DIY dan menghimbau para atletnya agar datang dan menyaksikan langsung pertandingan yang bergulir di sini. Semoga dapat memberikan motivasi untuk atlet-atlet kami ya," terangnya.

72 Atlet Ikuti Liga Tenis Meja Indonesia U-21

Sebelumnya, Ketua Umim PP PTMSI, Ogroseno mengatakan, melalui turnamen ini, pihaknya berharap, supaya para petenis meja tanah air, bisa mengasah jam terbang, sekaligus menambah pengalaman bertandingnya, dalam gelaran bertaraf internasional.

"Tapi, kalau melihat dari peta persaingannya sendiri, negara-negara dari Asia Timur seperti Cina, Jepang, kemudian Korea ya, kemungkinan masih akan mendominasi," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved