Gerakan Kampung Panca Tertib, Upaya Pemerintah Kota Yogya Jaga Ketertiban Lingkungan

Gerakan Kampung Panca Tertib, Upaya Pemerintah Kota Yogya Jaga Ketertiban Lingkungan

Gerakan Kampung Panca Tertib, Upaya Pemerintah Kota Yogya Jaga Ketertiban Lingkungan
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Keberadaan Kampung Panca Tertib di Kota Yogyakarta dinilai penting.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan bahwa gerakan Kampung Panca Tertib menjadi upaya menggerakan masyarakat untuk menjaga lingkungan terdekatnya masing-masing.

"Ini agar kita tahu persoalan dan penyebabnya sehingga bisa menyelesaikan. Pemerintah membantu memfasilitasi dan mendorong persoalan di masyarakat agar bisa diselesaikan," ujarnya belum lama ini dalam diskusi Kampung Panca Tertib, di Balaikota Yogyakarta.

Ia pun mengatakan bahwa peran Kampung Panca Tertib dalam rangka membuat nyaman dan aman lingkungan.

"Mulai dari tertib sosial bagaimana menciptakan lingkungan dalam berinteraksi, kita bisa merasakan saling terjaga dan terlindungi. Tertib sosial menjadi kebersamaan kita untuk saling menjaga dan mendukung melindungi," pesannya.

Maksimalkan Percetakan KIA, Disdukcapil Kota Yogya Turun Jemput Bola

Kenalkan Produk Anyar Honda ADV150, Honda Astra Motor Gelar City Tour Keliling Yogyakarta

Toys Kingdom Kini Hadir di JCM

Selanjutnya tentang tertib lingkungan, Heroe mengatakan kalau kita tidak membuat nyaman, misal jarang pohon, tidak ada perindang, tidak ada tempat bersantai maka masyarakat sekitar juga yang terdampak.

"Ini membuat kita tidak fokus dan interaksi satu sama lain tidak berjalan dengan baik," ujarnya.

Mengenai tertib usaha, Heroe mengatakan bagaimana menjadikan lingkungan dan usaha yang dijalankan agar tidak menimbulkan masalah satu sama lain.

"Dalam berusaha juga menciptakan tertib lingkungan. Misal usaha pembuatan tahu, tapi bagaimana limbah tidak mencemari lingkungan. Contoh lain yakni batik sibori, jumputan, bagaimana agar pewarnaan tidak membuat bumi dan sungai jadi tercemar," urainya.

Ia juga menjelaskan bahwa Kampung Panca Tertib juga bisa dibiayai melalui danais dengan membuat program ketertiban kampung agar jadi program keistimewaan.

"Danais Jogowargo. Kalau pakai RT RW, danais tidak bisa dipakai. Kalau pakai kampung, memungkinkan memakai danais," urainya. (Tribunjogja I Kurniatul Hidayah)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved