Kulon Progo

Penderes Nira di Kulon Progo Tak Lagi Dilindungi Askesos

Program Askesos dari Kementerian Sosial sudah diberhentikan pelaksanaannya sejak 2014 lalu.

Penderes Nira di Kulon Progo Tak Lagi Dilindungi Askesos
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Para warga penderes nira di Kulon Progo tak lagi terlindungi program asuransi kesehatan sosial (Askesos) sejak beberapa tahun belakangan.

Pemerintah setempat memastikan masih ada program perlindungan sosial lain yang diberikan.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kulon Progo, Eka Pranyata membenarkan bahwa program Askesos dari Kementerian Sosial sudah diberhentikan pelaksanaannya sejak 2014 lalu.

Namun begitu, bukan berarti para penderes nira Kulon Progo yang semula tercakup dalam jaminan di program itu tak memiliki perlindungan sama sekali untuk aktivitas kerjanya yang terbilang berisiko tinggi.

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

Padahal, hampir semua penderes tergolong dari warga tidak mampu.

"Askesos dari 2014 sudah diberhentikan pemerintah pusat. Namun, di sini masih ada program bantuan lengkap yang diberikan untuk penderes nira," kata Eka pada Tribunjogja.com, beberapa waktu silam.

Program bantuan lengkap yang dimaksudnya antara lain PKH (Program Keluarga Harapan), Jaminan Kesehatan Khusus (Jamkesus), KIS (Kartu Indonesia Sehat), bantuan sosial, hingga bedah rumah dan lainnya.

Setelah program Askesos dihentikan pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo masih sempat berusaha memberikan perlindungan dengan mengandalkan dana dari APBD setempat.

4 Kementerian Segera Lakukan Monev Penanganan Stunting di Kulon Progo

Yakni, bantuan sosial kecelakaan penderes dengan pendaanan dari APBD senilai Rp300 juta.

Hingga 2018 lalu, tercatat ada 5.400 penderes nira se-Kulon Progo yang dicakup dalam program bansos kecelakaan penderes tersebut.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved