Kota Yogya

Pemilik Toko Swalayan di Kota Yogya Nantinya Wajib Penuhi Komitmen Izin Komersial

Izin komersial dibutuhkan untuk mengontrol investasi pelaku usaha dan kemanfaatannya untuk masyarakat Kota Yogyakarta.

Pemilik Toko Swalayan di Kota Yogya Nantinya Wajib Penuhi Komitmen Izin Komersial
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kota Yogyakarta Nurwidihartana. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta sedang melakukan evaluasi regulasi agar nantinya dapat memberi jembatan izin komersial dan izin usaha di Online Single Submission (OSS) untuk toko swalayan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Yogyakarta, Nurwidihartana mengatakan bahwa saat ini regulasi yang ada di OSS untuk pelaku usaha toko swalayan, di dalamnya juga toko moderen, masih sebatas izin usaha.

"Selama investor bisa memenuhi komitmen dasar di OSS untuk berusaha yakni IMB (Izin Mendirikan Bangunan), lingkungan, dan SLF (Surat Laik Fungsi), maka sudah aktif semua," ujarnya saat ditemui Tribunjogja.com di ruang kerjanya, Jumat (13/9/2019).

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

Hal tersebut, dijelaskan Nurwidi sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 24 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Elektronik.

"Semua perizinan kembali ke OSS, termasuk IUTS (Izin Usaha Toko Swalayan) mengurusnya melalui OSS. Produknya izin usaha (SIUP/ Surat Izin Usaha Perdagangan) tapi kelompok berusahanya disebut izin usaha. Kewenangan daerah melakukan notifikasi komitmen yang ada," bebernya.

Nurwidi mengatakan bahwa selama ini, OSS yang dikelola pusat, belum mencantumkan izin komersial.

Izin komersial dibutuhkan untuk mengontrol investasi pelaku usaha dan kemanfaatannya untuk masyarakat Kota Yogyakarta.

"Daerah bisa memberi kewenangan toko moderen memohon izin komersial dengan memenuhi komitmen kebijakan lokal. Maka kajian sosek (sosial ekonomo) bisa masuk sebagai salah satu komitmen yang harus dipenuhi pelaku usaha," terang Nurwidi.

Banyak Toko Gulung Tikar, UKM Harus Naik Kelas ke Online

Ia menjelaskan bahwa evaluasi regulasi akan dirampungkan pada tahun ini sehingga secepatnya seluruh pelaku usaha toko swalayan bisa memenuhi komitmen untuk izin komersialnya.

Halaman
123
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved