BJ Habibie Meninggal Dunia

Cerita di Balik Video Viral Xanana Gusmao dan BJ Habibie yang Mengharukan di Rumah Sakit

Dalam video itu, tergambar momen manis antardua tokoh itu. Keduanya saling berpegangan, berpelukan

Cerita di Balik Video Viral Xanana Gusmao dan BJ Habibie yang Mengharukan di Rumah Sakit
wikipedia.com
Foto BJ Habibie dan Xanana Gusmão 

Cerita di Balik Video Viral Xanana Gusmao dan BJ Habibie yang Mengharukan di Rumah Sakit

TRIBUNJOGJA.COM - Video Presiden Pertama Timor Leste, Xanana Gusmao bersimpuh, menggegam erat tangan dan menangis saat menjenguk Presiden ke-3 RI, BJ Habibie viral di dunia maya setelah Habibie berpulang.

Dalam video itu, tergambar momen manis antardua tokoh itu. Keduanya saling berpegangan, berpelukan, dan Xanana pun sempat mengecup kening Habibie yang terbaring di rumah sakit.

Sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto, menceritakan, kunjungan Xanana itu berawal dari Habibie yang tak bisa memenuhi undangan pemerintah Timor Leste karena sakit.

"Beliau diundang oleh Xanana untuk menghadiri peringatan referendum 20 tahun, 30 Agustus. Tapi karena keadaan beliau sedang berbaring di rumah sakit sehingga kami batalkan. Xanana sendiri yang hadir ke Jakarta," kata Rubi usai acara tahlilan di kediaman Habibie.

Rubijanto menuturkan, kehadiran Habibie sebetulnya dinantikan rakyat Timor Leste yang menganggap mantan menristek itu mempunyai jasa besar bagi negara itu.

Bagaimana tidak, keputusan Habibie menggelar referendum pada 1999 lalu mengantarkan eks provinsi Timor Timur itu berdaulat sebagai negara merdeka.

Rubijanto melanjutkan, sosok Xanana Gusmao juga mempunyai hubungan spesial dengan Habibie.

Sebab, Habibie lah sosok yang membebaskan Xanana dari status tahanan politik.

"Xanana sangat terima kasih karena beliau tidak tahu menahu tapi dikeluarkan oleh Pak Habibie. Dengan demikian, kita bayangkan betapa terharunya dengan kebijakan dan keputusan Pak Habibie," ujar dia.

Selain itu, Habibie disebut Rubijanto juga belum sempat mengunjungi sebuah jembatan di Timor Leste yang dinamakan jembatan Habibie.

Halaman
123
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved