Pendidikan

UGM Gencarkan Daur Ulang Baterai

Universitas Gadjah Mada melalui Fakultas Teknik terus berupaya mengembangkan alat untuk bisa mendaur ulang baterai.

UGM Gencarkan Daur Ulang Baterai
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
Mahasiswa menunjukkan alat untuk daur ulang baterai saat berlangsung pameran produk penelitian LPDP RISPRO Kendaraan Listrik UGM di Fakultas Tehnik, Universitas Gadjah MAda, Sleman, DI YOgyakarta, Kamis (12/9/2019). Dalam pameran tersebut ditunjukkan beragam jenis hasil penelitian mahasiswa yang berguna untuk teknologi daur ulang baterai. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah semakin gencar mengembangkan kendaraan bermotor berbasis listrik.

Di antara berbagai komponen penting yang ada dalam kendaraan listrik, baterai sebagai penyimpan energi listrik merupakan jantung kendaraan listrik.

Meskipun demikian, saat ini di Indonesia belum secara pasti dijumpai sumber litium, padahal litium merupakan komponen terpenting dalam baterai.

Melihat tantangan tersebut, Universitas Gadjah Mada melalui Fakultas Teknik terus berupaya mengembangkan alat untuk bisa mendaur ulang baterai.

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

Tim Peneliti UGM yang terdiri berbagai lintas disiplin ilmu, diantaranya Muslim Mahardika, yang merupakan Dosen Fakultas Teknik UGM bersama dengan mahasiswanya yang terdiri dari Indra Perdana, Suryo Hadiwibowo dan Satria Mahardhika Wisambodhi di bawah koordinasi Dr Indra Perdana, sejak tahun 2013 telah melakukan berbagai penelitian yang terkait dengan daur ulang logam berharga khususnya litium dari baterai litium bekas.

Muslim Mahardika mengungkapkan jika timnya telah berhasil memungut litium dari baterai jenis litium kobalt oksida (LCO) dalam bentuk senyawa litium karbonat dengan kemurnian di atas 95%.

Sementara di tahun 2019 ini dengan dukungan LPDP, Tim Peneliti berhasil melakukan pemungutan litium dari baterai bekas jenis litium besi fosfat (LFP).

Senyawa litium yang diperoleh berupa litium fosfat dengan kemurnian mencapai di atas 99%.

Ratusan Civitas Akademika UGM dan Warga Gelar Salat Gaib untuk BJ Habibie di Masjid Kampus UGM

"Senyawa litium ini siap digunakan kembali sebagai bahan baku dalam pembuatan batere jenis LFP. Pemungutan litium ini dilakukan melalui proses pemisahan mekanik, hidrometalurgi dan presipitasi logam secara terkontrol," ungkapnya saat ditemui Tribunjogja.com di Plaza Teknik UGM pada Kamis (12/9/2019).

Muslim menerangkan, pada tahun ini Tim Peneliti juga melakukan penelitian terkait dengan proses dismantling baterai.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved