Kota Yogya

Rata-rata Sungai di Kota Yogyakarta Tercemar Berat pada Musim Kemarau

Pada musim kemarau tahun lalu rata-rata tercemar berat, karena biasanya mata air, rembesan yang semakin berkurang, sedangkan limbah masih sama.

Rata-rata Sungai di Kota Yogyakarta Tercemar Berat pada Musim Kemarau
TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma Wardhani
Ratusan mahasiswa STIE IEU membersihkan sungai code dari sampah plastik yang tidak terurai sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Minggu (2/12/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) DIY, Halik Sandera menyampaikan ketika di musim kemarau, rata-rata kualitas sungai di Kota Yogyakarta tercemar cukup berat.

Hal tersebut dikarenakan mata air semakin berkurang.

Halik menyampaikan, hal tersebut akan cukup berbeda ketika di musim hujan, rata-rata kualitas air di Kota Yogyakarta masih tergolong ringan dan sedang.

"Dari hasil awal tahun, saat masih di puncak musim hujan kita lihat dengan menggunakan metode biotilik, ada yang ringan sama sedang. Kalau di musim kemarau tahun lalu itu rata-rata tercemar berat, karena biasanya mata air, rembesan yang semakin berkurang. Sedangkan limbah yang masuk ke air masih tetap," ungkapnya pada Tribunjogja.com.

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

Halik menyampaikan, sebenarnya rata-rata masyarakat di pinggir sungai sudah paham mengenai risiko ketika dirinya membuang sampah di sungai.

Namun kebanyakan, masih dijumpai oknum-oknum yang sengaja membawa kendaraan dan melakukan pembuangan sampah ke sungai.

Halik menerangkan, saat ini sudah banyak komunitas sungai yang di Kota Yogyakarta yang gencar menggalakkan kepedulian akan kebersihan sungai.

Mulai dari Komunitas yang ada di Kali Code, Kali Winongo, dan sebagainya.

Jumlah Bakteri E Coli di Sungai Yogya di Atas 500.000

"Yang buang sampai ke sungai kadang bukan masyarakat di pinggir, tapi biasanya ada orang berangkat kerja pakai kendaraan berhenti di jembatan kemudian membuang sampah. Kalau masyarakat di pinggir sungai sudah tahu dan paham bahaya membuang sampah ke sungai," terangnya.

Berkenaan dengan kualitas udara, Halik menyampaikan jika di Kota Yogyakarta masih tergolong sedang.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved