ADVERTORIAL

LCKI Ingatkan Pencegahan Kejahatan Terorisme

LCKI sebagai lembaga swadaya masyarakat mendukung berbagai upaya bangsa untuk mencegah terjadinya kejahatan.

LCKI Ingatkan Pencegahan Kejahatan Terorisme
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon
Seminar Nasional Dalam Rangka Pengamanan Objek Vital Nasional dengan tema 'Pencegahan Kejahatan Berbasis Antisipasi Pergerakan “Klitih” dan Bentuk Kejahatan lainnya yang Berkorelasi Timbulnya Terorisme di DIY, Senin (9/9) di Hotel Neo Arwana Yogyakarta. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memperingati HUT LCKI ke-14 dan pelantikan pengurus LCKI DIY. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) melantik kepengurusan LCKI DIY sekaligus menyelenggarakan Seminar Nasional Dalam Rangka Pengamanan Objek Vital Nasional dengan tema 'Pencegahan Kejahatan Berbasis Antisipasi Pergerakan “Klitih” dan Bentuk Kejahatan lainnya yang Berkorelasi Timbulnya Terorisme di DIY, Senin (9/9/2019) di Hotel Neo Arwana Yogyakarta.

Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati HUT LCKI ke-14.

Ketua Presidium LCKI, Jenderal Polisi (Purn) Tan sri Dai Bachtiar mengatakan, LCKI sebagai lembaga swadaya masyarakat mendukung berbagai upaya bangsa untuk mencegah terjadinya kejahatan yang sekaligus agar warga terhindar dari korban kejahatan.

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

Tugas untuk mencegah terjadinya kejahatan juga bukan kewajiban Polri semata, melainkan juga dituntut peran aktif dari masyarakat dan perangkat pemerintah serta negara lain.

"Pada sisi inilah saya dan rekan-rekan lain terpanggil untuk mengambil peran melalui wadah yang dinamakan LCKI," ujarnya dalam sambutan.

Dijelaskannya, dewasa ini juga muncul bentuk terorisme yang bukan lagi berbentuk keterikatan dalam organisasi.

Teroris yang dinamakan self-radicalism berkembang dan lewat pembelajaran dari berbagai saluran informasi dan sosial media lainnya.

Hal ini tentu menuntut kewaspadaan bahwa di lingkungan sekitar masyarakat mungkin saja ada bahaya laten terorisme.

LCKI: Ada Satu Rumah Miliki 2 Pangkalan LPG Bersubsidi di Bantul

"Demikianlah semoga seminar ini bisa memberikan informasi yang lebih luas dan dalam tentang perkembangan ancaman terorisme dewasa ini," ucapnya.

Ketua LCKI Yogyakarta, Bukhori mengatakan, pihaknya yang mengemban tugas pencegahan kriminalitas secara professional ingin mencoba berkontribusi dalam mengatasi masalah klitih secara akademis/sistematik melalui seminar ini, untuk mendapatkan substansi yang telah diformulasikan oleh praktisi.

Adapun hasil yang diharapkan adalah kesadaran pentingnya buat praktisi memahami perilaku dan persepsi klien tentang kejahatan.

"Dengan demikian seminar nasional ini akan membahas lebih dalam substansi specific crime atau local crime wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pada tataran Nasional," urainya. (*)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved