Kain Motif Ecoprint Buatan Ibu-Ibu di Brontokusuman Yogyakarta Sukses Tembus Pasar Ekspor

Produk kain motif ecoprint buatan mereka telah masuk dan diminati oleh pasar internasional.

Kain Motif Ecoprint Buatan Ibu-Ibu di Brontokusuman Yogyakarta Sukses Tembus Pasar Ekspor
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Ibu-ibu anggota BUMMAS Kube Eco.J di kawasan Karangkajen Brontokusuman Mergangsan Kota Yogyakarta saat menunjukkan proses pembuatan kain motif ecoprint di rumah produksinya, Kamis (12/9/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Siapa sangka karya ibu rumah tangga yang merupakan warga Karangkajen, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta sukses menembus pasar ekspor.

Bahkan dikatakan produk kain motif ecoprint buatan mereka telah masuk dan diminati oleh pasar internasional.

Di antaranya Malaysia, Singapura bahkan Amerika hingga Australia.

Kelompok ibu rumah tangga yang berfokus dibidang fashion dan craft ini menamai produknya dengan merk Eco.J. Artinya Ecoprint Jogja. Kelompok ini memang fokus membuat produk unggulan seni olah kain dengan teknik ecoprint.

Kesuksesan kelompok ini tak terlepas dari andil salah satu lembaga filantropi di Indonesia yakni Rumah Zakat. Berkat pemeberdayaan melalui program Desa Berdaya, kelompok usaha ibu-ibu ini kian produktif dan mampu menghasilkan nilai ekonomis.

Cindra Reni salah satu anggota kelompok menuturkan hadirnya program pemberdayaan kepada ibu rumah tangga sejak 2017 lalu ini sangat dirasakan manfaatnya bagi dirinya dan ibu sekitar.

"Dari tadinya yang hanya ibu rumah tangga, nggak ngapa-ngapain kalau pagi sekarang bisa ada aktivitas apalagi aktivitasnya ini menghasilkan," katanya, Kamis (12/9/2019).

Keberhasilan kelompok usaha ini tak terlepas dari usaha dan kerja keras anggotanya. Hingga beragam dukungan mengalir seperti pihak pemerintah desa, kementerian hingga lembaga swasta mendorong usaha dan kerja keras mereka.

Produknya sukses merangsek ke pasar ekspor berkat dorongan melalui pameran dan workshop. Langkah ini dinilai efektif sebagai upaya pengenalan serta penetrasi pasar. Hingga buyer luar negeri tertarik membawa dan memborong kain motif ecoprint ini.

Selain itu program workshop yang diberikan pun menambah wawasan anggota kelompok usaha untuk menciptakan produk dengan beragam corak, model yang berbeda dan khas.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved