Yogyakarta

Bekraf Tingkatkan Subsektor Musik Lewat BCL

BCL merupakan salah satu program Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan yang berfokus pada pengembangan ekonomi kreatif.

Bekraf Tingkatkan Subsektor Musik Lewat BCL
istimewa
Pembukaan Bekraf Creative Labs (BCL) Subsektor Musik dengan tajuk Jogcreasic Camp and Competition 2019, Rabu (11/9/2019) di hotel Neo Arwana. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggandeng dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta mengadakan Bekraf Creative Labs (BCL) Subsektor Musik dengan tajuk Jogcreasic Camp and Competition 2019, Rabu (11/9/2019) di Hotel Neo Arwana.

Sebagai satu dari beberapa subsektor penggerak aktif di tengah masyarakat, industri musik membutuhkan keterlibatan peran dari perguruan tinggi.

Direktur Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Bekraf, Wawan Rusiawan menjelaskan, BCL merupakan salah satu program Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan yang berfokus pada pengembangan ekonomi kreatif.

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

BCL sebelumnya telah diadakan di berbagai kota sejak tahun 2017 dengan melibatkan sejumlah subsektor yang menjadi tanggungjawab Bekraf yang bertujuan menjadikan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia.

"Kegiatan ini akan menjadi salah satu acuan dalam memperoleh berbagai karya musik dengan memunculkan warna musik khas Indonesia sendiri. Selain itu, melalui kegiatan kompetisi karya diharapkan mampu menggali dan menambah big data atas sebaran pelaku seni musik dan bentuk karyanya," imbuhnya.

Wawan menambahkan, musik merupakan salah satu subsektor yang dapat mengangkat angka PDB Indonesia.

Bekraf Jaring Start Up Potensial Yogyakarta

Berdasarkan data Statistik Ekonomi Kreatif tahun 2017, pertumbuhan PDB subsektor musik sebesar delapan persen dan berkontribusi terhadap PDB ekonomi kreatif sebesar Rp4,89 triliun.

Acara ini digelar dalam beberapa rangkaian, yaitu Kompetisi Musik pada 3 – 4 September, Seminar Implementasi Hak Cipta Musik dalam Kompeisi Musik Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. pada 11 September, Workshop mengenai Strategi Penciptaan dan PenyajianMusik Kreatif dan Master class Menduniakan Musik Indonesia pada 12 September 2019.

Untuk meningkatkan kemampuan para peserta, Bekraf menghadirkan sejumlah narasumber yang mumpuni di bidangnya, seperti Bens Leo, perwakilan Dinas Pariwisata, perwakilan Kemenkumham DIY, dan para musisi. (*)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved