Yogyakarta

Festival Kue Bulan Bakal Digelar di Kelenteng Poncowinatan Pekan Ini

Perayaan Tiong Ciu atau Zhong Qiu Jie yang dikenal dengan Festival Kue Bulan atau Mid Autumn Festival merupakan salah satu perayaan yang di tunggu-tun

Festival Kue Bulan Bakal Digelar di Kelenteng Poncowinatan Pekan Ini
istimewa
Perayaan Tiong Chiu pada tahun 2018 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perayaan Tiong Ciu atau Zhong Qiu Jie yang dikenal dengan Festival Kue Bulan atau Mid Autumn Festival merupakan salah satu perayaan yang di tunggu-tunggu warga Tiongkok.

Sebab perayaan ini adalah salah satu ajang kumpul keluarga untuk berdoa bersama  pada Tuhan yang Kuasa, sambil menikmati kue bulan dan makanan di bawah sinar bulan purnama.

Perayaan Tiong Chiu yang selalu di rayakan pada tgl 15 bulan 8 menurut penanggalan kalender Imlek pada tahun ini jatuh pada Jumat (13/9/2019).

Perayaan tahun ini mengangkat tema  “We Are The Shinning Moon, Wanna Join Us?”

Sambut Lebaran, Kelenteng Fuk Ling Miau Persembahkan 2.000 Paket Sembako

Jogja Chinese Art & Culture Centre (JCACC) kembali menggelar perayaan Zhong Qiu Jie ini di kelenteng Tjen Ling Kiong (Kelenteng Poncowinatan).

Humas Panitia Acara Gutama Fantoni mengungkapkan perayaan Tiong Ciu 2019 kali ini, panitia membuka kesempatan kepada masyarakat umum untuk ikut serta berpartisipasi mengisi stand bazar.

"Ada 24 booth yang turut serta dalam meramaikan stand dalam acara ini," kata dia, Rabu (11/9/2019)

Acara akan dibuka dengan doa keselamatan negeri dari para Pemuka Agama dan aliran kepercayaan yang disusul oleh rangkaian acara dalam satu Fragmen drama : “ The Legend of Hou Yi and Chang E” atau “ Legenda Hou Yi dan Chang E”  yang diperankan oleh Muda Mudi JCACC dan Ikatan Koko Cici Jogja.

Kelenteng Cagar Budaya Ludes Terbakar, Patung Emas 3,5 Kg Tak Jelas Nasibnya

Acara akan dimeriahkan oleh penampilan memukau dari Liong Tradisional dan Barongsai Hoo Hap Hwee, serta “Ladies Dragon Hoo Hap Hwee” yang dimainkan oleh remaja putri nan feminim.

Ada pula penampilan menarik tarian dari anak anak Paguyuban Hakka Jogja, tarian dari Perhimpunan Fu Qing Yogyakarta, dan tarian dari  Paguyuban Warga Tionghoa Bhakti Putera Yogyakarta.

"Perayaan Tiong Chiu 2019 ini diharapkan tidak hanya sekedar untuk berwisata menyaksikan pertunjukan namun pengunjung juga bisa mengenal dan belajar budaya serta seni tradisional Tionghoa," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved