Pendidikan

Festival Konstitusi dan Anti Korupsi Dorong Mahasiswa Punya Integritas

Harapannya kelak, seorang mahasiswa tak terjerat dalam kasus korupsi ketika sudah masuk ke jenjang kehidupan yang lebih tinggi.

Festival Konstitusi dan Anti Korupsi Dorong Mahasiswa Punya Integritas
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
Ketua KPK, Agus Rahardjo, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi, Aswanto, Sekjen MPr Ma'ruf Cahyono dan Rektor UGM, Panud Mulyono disaksikan gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dilaksanakan penandatanganan deklarasi anti korupsi 2019 dalam Festival Konstitusi dan Anti Korupsi 2019 di Grha Sabha Permana, kampus UGM, Sleman, D I Yogyakarta, Rabu (11/9/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKARTA - Mahasiswa sudah seharusnya punya kesadaran yang tinggi terhadap sikap integritas untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk ketika dalam aktifitas studi dan perkuliahan di kampus.

Hal ini saya penting agar kelak, seorang mahasiswa tak terjerat dalam kasus korupsi ketika sudah masuk ke jenjang kehidupan yang lebih tinggi.

Demikian penggalan pesan yang disampaikan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo saat menjadi narasumber dalam acara talkshow bertajuk “Ukir Jejak Integritasmu : Wujudkan Budaya Konstitusi dan Anti Korupsi” di Gedung Grha Sabha Pramana (GSP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, pada Rabu (11/9/2019).

Acara talkshow ini menjadi bagian dari Festival Konstitusi dan Anti Korupsi yang terselenggara atas kerjasama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Mahkamah Konstitusi (MK), KPK RI, dan UGM.

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

Selain Agus, dihadirkan tiga narasumber lainnya yaitu Sekjen MPR RI Ma’ruf Cahyono, Rektor UGM Panut Mulyono dan Wakil Ketua MK Aswanto.

Menurut Agus, menjaga nilai integritas itu bisa dilakukan di tiap tataran.

Kalau para mahasiswa, menjaga integritas bisa diwujudkan lewat hal-hal paling mendasar.

Seperti tidak titip absen saat kegiatan perkuliahan atau tidak menyontek saat ujian.

Juga menjalankan setiap tugas yang diberikan dosen atau hadir tepat waktu di setiap jadwal perkuliahan.

“Kami konsen memberi bekal para generasi muda termasuk mahasiswa tentang nilai integritas. Untuk bersikap jujur, berkomitmen, bertanggung jawab dan menghargai waktu. Kita terus dorong lembaga-lembaga pendidikan untuk menularkan nilai integritas ini kepada setiap anak didiknya. Jika generasi muda punya integritas tinggi maka mereka bisa terhindar dari korupsi,” kata Agus.

Mahasiswa Dema Justicia FH UGM Gelar Aksi Beri Dukungan untuk KPK

Halaman
123
Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved