Belum Kondusif, Otoritas Taiwan Peringatkan Warganya Tak Kunjungi Hong Kong

Taiwan memperingatkan kepada warganya untuk sementara tidak mengunjungi Hong Kong. Situasi dinilai belum kondusif di Hong Kong

Belum Kondusif, Otoritas Taiwan Peringatkan Warganya Tak Kunjungi Hong Kong
Xinhua via South China Morning Post
Media pemerintah China Xinhua merilis gambar ketika mobil lapis baja dan truk Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) sampai di perbatasan Hong Kong Kamis dini hari (29/8/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Situasi tak menentu di Hong Kong membuat Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa di Taiwan, memperingatkan kepada warganya untuk sementara tidak mengunjungi Hong Kong.

Hal tersebut menyusul situasi tak menentu di kota yang duduki China itu, serta setelah seorang warga Taiwan dilaporkan ditahan di China atas tuduhan melanggar keamanan negara.

Aksi protes warga pro-demokrasi yang berkepanjangan di Hong Kong turut meningkatkan tensi hubungan yang sudah tegang antara Taiwan dengan China.

Dilaporkan Reuters, China sebelumnya mengumumkan telah menahan Lee Meng-chu, seorang penasihat dari Taiwan, yang dilaporkan hilang sejak 19 Agustus lalu.

Aksi protes warga pro-demokrasi yang berkepanjangan di Hong Kong
Aksi protes warga pro-demokrasi yang berkepanjangan di Hong Kong (IST/SCMP)

Lee dilaporkan hilang setelah melakukan perjalanan ke kota Shenzhen di China selatan, yang berbatasan langsung dengan Hong Kong.

Diketahui kemudian bahwa dia telah ditahan otoritas China setelah dituduh terlibat dalam "tindakan kriminal yang membahayakan keamanan negara".

Aksi protes warga pro-demokrasi di Hong Kong yang menentang China
Aksi protes warga pro-demokrasi di Hong Kong yang menentang China (IST/SkyNews)

Menurut laporan media Taiwan, Central News Agency (CNA), Lee diketahui terakhir kali telah menyebarkan foto-foto aksi protes Hong Kong dan pasukan militer China yang ditempatkan di perbatasan sebelum hilang.

"Partai Progresif Demokratik mendesak kepada warga Taiwan untuk menghindari mengunjungi Hong Kong dan China karena situasi internal yang sedang sulit," ujar partai itu dalam pernyataannya.

"Jika Anda harus mengunjungi daerah-daerah ini, Anda wajib memberi perhatian serius pada keselamatan dan melaporkan keberadaan Anda kepada keluarga dan teman-teman Anda setiap saat," lanjut pernyataan partai itu. (Agni Vidya Perdana)

.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Situasi Tak Menentu, Warga Taiwan Diperingatkan Tak Kunjungi Hong Kong"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved