Agenda Jogja Hari Ini

Pemkab Sleman Akan Gelar Festival Garis Imaginer

Kabupaten Sleman sendiri memiliki komitmen yang kuat untuk tetap mempertahankan konsep "Garis Imaginer" dalam memperkokoh keistimewaan DIY.

Pemkab Sleman Akan Gelar Festival Garis Imaginer
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemkab Sleman akan menggelar Festival Garis Imaginer pekan ini.

Kegiatan ini akan dimeriahkan 1000 lebih penari baik dari dalam maupun luar DIY.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara saat ditemui Selasa (10/9/2019) mengatakan, jika dilihat kondisi geografisnya, wilayah Sleman dilewati garis imaginer.

Aji menerangkan garis imaginer merupakan garis lurus yang menghubungkan antara Pantai Selatan - Panggung Krapyak - Keraton Yogyakarta - Tugu Pal Putih - Gunung Merapi.

Kabupaten Sleman sendiri memiliki komitmen yang kuat untuk tetap mempertahankan konsep "Garis Imaginer" dalam memperkokoh keistimewaan DIY.

Satu di antara upaya yang dilakukan adalah menyelenggarakan Festival Garis Imaginer, event tahunan yang telah dilaksanakan sejak 2017.

"Festival Gari Imaginer merupakan representasi meneguhkan keistimewaan DIY dalam perspektif Sleman dengan memanfaatkan Kiblat Utara sebagai bagian dari dimensi Kiblat Papat Lima Pancer (konsep pembangunan kebudyaan kabupaten Sleman)," jelasnya pada Tribunjogja.com.

Ia menerangkan festial ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar garis yang sifatnya imajinasi ini diwujudkan dengan perilaku budaya masyarakat.

Sehingga masyarakat dapat lebih mengedepankan pada nilai-nilai mencintai alam dan lingkungan, religiusitas dan harmonisasi dalam seluruh dimensi kehidupan.

Kegiatan yang bertema "Mataram dulu, kini dan yang akan datang" ini, Pemkab Sleman berkomitmen kuat untuk meneguhkan dan mewujudkan masyarakat yang berbudaya.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved