Mendominasi di Final, AMCC AMIKOM Juara 2 Compfest 11 di UI

Compfest merupakan salah satu program rutin Fasilkom UI yang berutujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dibidang IT

Mendominasi di Final, AMCC AMIKOM Juara 2 Compfest 11 di UI
ist
Mendominasi di Final, AMCC AMIKOM Juara 2 Compfest 11 di UI 

TRIBUNJOGJA.COM - 5 tim dari perwakilan masing-masing Universitas se-Indonesia berkumpul di Balairung Sidang Universitas Indonesia  untuk mengikuti Awarding Night lomba Compfest yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Mahasiswa Fasilkom Universitas Indonesia.

Compfest merupakan salah satu program rutin Fasilkom UI yang berutujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dibidang IT dengan menyediakan berbagai cabang perlombaan, salah satunya Innovative App Competition yang diikuti oleh tim AMCC (Amikom Computer Club) selaku perwakilan Universitas Amikom Yogyakarta.

Seperti tahun-tahun sebelumnya,  Compfest selalu menarik perhatian mahasiswa yang memiliki ketertarikan di dunia IT di seluruh Indonesia, pasalnya Compfest sendiri merupakan salah satu ajang perlombaan IT tertua dan paling bergengsi di Indonesia untuk kalangan mahasiswa, hingga saat ini menjadi tahun Ke 11 Compfest UI. 

Tahun ini cabang Innovative App Competition mengusung tema “Synergizing people with technology through app innovation”  dan diikuti lebih dari 100 tim dari berbagi Universitas se-Indonesia, namun yang berhak masuk ke tahap final hanya 5 tim, dan Universitas Amikom merupakan kampus yang mengirimkan finalis terbanyak, yaitu dua tim yang diwakili oleh tim dari AMCC.

Dari kegiatan ini kita bisa melihat bahwa ide yang digagas para mahasiswa memang sangat inovatif dan beragam, khususnya dalam industri teknologi yang mana juga menjadi salah satu keunggulan dari mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta.

Universitas Amikom Yogyakarta diwakili oleh dua tim dari AMCC yaitu tim AMCC-Smartedu yang beranggotakan Rahmadi Fandu (Project Manager), Devry Kawiryan (Web Developper) dan Yogi Yulianto (Mobile Developper) serta tim AMCC-Matrash yang beranggotakan Syekh Arpi Ageng (Project Manager), Sandy Priyatna (Web Developer) dan Ali Rahmat Ismail (Mobile Developper)  berhasil masuk ke tahap final setelah menyisihkan lebih dari 100 tim dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Pada Awarding Night Compfest tahun ini, tim AMCC-Smartedu meraih juara 2 pada lomba Innovative App Competition untuk kategori student dengan membuat sebuah aplikasi E-Learning bernama Me-Learn. 

 Me-Learn merupakan jenis Aplikasi Software as a Service yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

Me-Learn akan mempermudah siswa dalam mendapatkan buku paket beserta video penjelasan, forum diskusi pelajar hingga mendapatakan informasi khusus seputar Pendidikan. Di sisi lain wali murid akan dipermudah dalam mengontrolan kualitas belajar anak seperti mendapatkan pelaporan tugas dan presensi anak secara realtime.

Dengan begitu Me-Learn diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem belajar yang lebih efektif dan efisien di Indonesia.

Sesuai dengan slogannya “Creative Economy Park” , Harapan kami kedepannya akan semakin banyak inovator muda yang lahir dari Universitas Amikom Yogyakarta untuk menyumbangkan pelaku-pelaku industri kreatif di Yogyakarta bahkan Indonesia, khususnya pada sektor industri teknologi. (adv)

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved