Yogyakarta

Kementerian Ketenagakerjaan, Disnakertrans DIY dan UIN Sunan Kalijaga Kembali Gelar Job Fair 2019

Lebih dari 5000 pekerjaan ditawarkan dan 60 perusahaan yang bergabung dalam job fair kali ini.

Kementerian Ketenagakerjaan, Disnakertrans DIY dan UIN Sunan Kalijaga Kembali Gelar Job Fair 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Job Fair 2019 yang diadakan di Gedung Prof. Dr. H. M. Amien Abdullah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 10-11 September 2019. 

TRIBUNJOGJA.COM - Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Februari 2019 lalu, angka pengangguran di Indonesia berada pada angka 2,86% atau sekitar 62.890.

Untuk mengurangi angka pengangguran tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, Center for Entrepreneurship and Career Development (CENDI) dan Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan Job Fair 2019 di Gedung Prof Dr H M Amien Abdullah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 10-11 September 2019.

Kasi Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnakertrans DIY, Tunggul Bomoaji menyampaikan lebih dari 5000 pekerjaan ditawarkan dan 60 perusahaan yang bergabung dalam job fair kali ini.

"Ada 60 perusahaan baik lokal maupun nasional dengan 200 macam posisi jabatan. Ada juga beberapa perusahaan yahh akan mengadakan interview secara langsung untuk merekrut calon pegawai," ungkapnya pada Tribunjogja.com.

Bomoaji menerangkan, selain berbagai macam bidang pekerjaan, rangkaian kegiatan lain seperti bimbingan karir berupa talkshow perkembangan tenaga kerja di Indonesia juga diadakan.

Hal tersebut dalam rangka peningkatan kualitas dan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia di era milenial.

"Selain itu, dalam job fair ini juga tersedia lowongan kerja bagi warga berkebutuhan khusus," terangnya

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang III, Waryono menjelaskan, melalui job fair ini diharapkan dapat menekan jumlah pengangguran di Indonesia, khususnya DIY maupun Jawa Tengah.

"Di sini UIN Sunan Kalijaga berupaya memfasilitasi masyarakat terutama alumninya untuk mendapatkan pekerjaan terbaik serta perusahaan yang tepat. Selain itu, bagi perusahaan diharapkan bisa mendapatkan tenaga yang lebih baik di era 4.0," katanya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved