Jawa

Hubungan Masyarakat Pemerintah Tidak Boleh Gagap Teknologi

Hubungan Masyarakat (Humas) pemerintah mesti responsif dan memiliki komunikasi yang baik.

Hubungan Masyarakat Pemerintah Tidak Boleh Gagap Teknologi
Istimewa
Eko Suseno, praktisi dan konsultan Public Relation (PR) menyampaikan materi pada kegiatan Bakohumas yang diikuti puluhan Kontributor Bokohumas di lingkungan OPD Pemerintah Kota Magelang, di Aula Adipura Kencana, Senin (9/9/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Hubungan Masyarakat (Humas) pemerintah mesti responsif dan memiliki komunikasi yang baik.

Mereka mesti dapat menguasai teknologi informasi, tidak boleh gagap teknologi, agar mampu menyampaikan informasi kepada masyarakat.

"Humas harus berinovasi, dan cepat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi. Mereka mesti cakap dalam berkomunikasi dengan semua elemen,” Kata Eko Suseno, praktisi dan konsultan Public Relation (PR) dalam kegiatan Bakohumas OPD Pemerintah Kota Magelang, di Aula Adipura Kencana, Senin (9/9/2019).

Humas Pemerintah Harus Responsif Menarik dan Menguasai Teknologi

Dikatakannya, peran humas penting untuk mendukung berjalannya pemerintahan dan penyampai informasi kepada masyarakat luas.

Terlebih di era disrupsi seperti sekarang ini, mereka harus memastikan informasi yang tersebar valid, anti hoaks.

“Saat ini informasi mudah viral, masyarakat yang butuh info cepat dan akurat, humas wajib punya data yang valid agar masyarakat mendapat pencerahan dan tidak mudah termakan hoaks,” ujarnya.

Asmono Wikan CEO Majalah PR Indonesia, menambahkan, pentingnya kompetensi menulis kretaif bagi humas, sehingga berita yang disampaikan humas dapat menarik untuk dibaca.

Ia juga menyampaikan pentingnya penggunaan TIK dan media sosial sebagai alat bantu humas dalam menjalankan tugasnya melayani masyarakat.

Gubernur DIY Dukung Konvensi Nasional Humas di Yogyakarta

"Menurutnya setiap humas harus memanfaatkan media sosial sehingga akan lebih mudah dan cepat dalam menjalankan tugasnya," katanya.

Asisten Administrasi Sekda Kota Magelang Taufik Nurbaqin, saat membuka kegiatan ini meminta agar para kontributor selalu menyampaikan info terkini dan bermanfaat.

"Sudah bukan zamannya lagi pelit akan informasi, justru di era keterbukaan informasi publik, pemerintah wajib memberikan info yang dibutuhkan masyarakat," tuturnya.

Kegiatan pelatihan ini pun bertujuan mempermudah koordinasi antar kontributor, dan juga memberikan tambahan pengetahuan kehumasan di lingkup OPD, BUMD serta instansi vertikal di Kota Magelang.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved